Tumbuh Kembang Anak : 6 Cara Mengatasi Anak Susah Makan yang Wajib Anda Tahu

Tumbuh Kembang Anak : 6 Cara Mengatasi Anak Susah Makan yang Wajib Anda Tahu

Saat anak berusia 2 – 3 tahun, setiap ditawari makanan atau akan disuapi anak menjawaban “Nggak!” atau “Kenyang!” Hal ini wajar, kok, di tahap usia ini. Dan, hal ini berlaku pada banyak hal, seperti ketika disuruh mandi, tidur, gosok gigi, dll. Jika anak kerap menolak makanan yang Anda berikan, pastikan terlebih dulu apakah makanan yang Anda sajikan dalam porsi yang pas untuk mereka ataukah berlebih. Orang tua sering memberi banyak makanan yang dianggap sehat tapi sebenarnya tidak disukai anak. Selain itu, pastikan kebutuhan kalori anak tercukupi, ya. Karena, di usia ini, anak sedang aktif-aktifnya dan senang bermain, namun pertambahan berat badannya tak lagi sepesat di tahun pertama atau kedua. Apa yang harus dilakukan?

1. Makan bersama keluarga.

 Selalu sediakan waktu untuk makan bersama anak di meja makan setidaknya sekali setiap hari. Makanlah makanan yang sama dengan yang dimakannya, sehingga ia akan meniru Anda.

2. Buat waktu makan menyenangkan.

Bukan berarti anak boleh makan sambil nonton televisi. Tapi, cobalah berkreasi dengan bentuk makanan yang dibuat menarik atau sedikit bermain-main ketika menyuapinya. Misalnya, bermain pesawat terbang.

3.Waktu makan yang konsisten.

 Beri makan anak di waktu yang sama setiap harinya, termasuk waktu mengemilnya. Lalu, batasi waktu makan hanya selama 30 menit. Lebih dari waktu yang ditetapkan, sudahi makannya. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda untuk mendisiplinkan anak dalam hal makan.

4. Jangan memaksa, apalagi mencecokinya makanan ke dalam mulut, ketika ia menolak. Cara ini tidak akan berhasil. Sebaliknya, malah akan membuat anak semakin tidak mau makan.

5.Jangan mengiming-iminginya. “Ayo makan. Nanti dikasih cokelat!” Familiar dengan kalimat itu, Ma? Sebagian anak mungkin tergoda dengan tawaran itu.

Tapi, hal ini sebaiknya tidak Anda lakukan. Lain waktu, jika Anda tak lagi mengiming-iminginya dengan sesuatu, ia bisa saja kehilangan selera pada makanannya.

6.Jangan menyerah.

Inilah yang paling penting. Ketika Anda sudah mencoba berulang kali memberinya satu jenis makanan, namun anak tetap menolak. Bukan berarti ia selamanya akan menolak. Cobalah kembali memberikannya di lain waktu.

Disadur dari : www.parenting.co.id

Blog

Leave a Reply

Leave a Reply