8 Tips Menjadi Orang  Sukses yang dipakai oleh  Atlet-Atlet Prosfesional Dunia

8 Tips Menjadi Orang Sukses yang dipakai oleh Atlet-Atlet Prosfesional Dunia

Atlet-atlet yang sukses dalam bidang olah raga pastilah atlet-atlet yang mempunyai semangat yang tinggi.  Tentunya masing-masing atlet tersebut mempunyai tips-tips yang berbeda untuk mencapai kesuksesan mereka. Berikut ini adalah kisah sukses dari Atlet-atlet profesional dunia dan beberapa tips yang digunakan mereka :

 

  1. Suatu keberhasilan itu tercapai tidak hanya karena kerja kita sendiri tapi juga karena adanya dukungan dari orang lain. Oleh karena itu dengan keberhasilan Anda, Anda perlu membantu orang lain agar mereka sukses seperti Anda.

Lionel Messi, kapten Tim Sepakbola Nasional Argentina kini dianggap sebagai pemain sepakbola terbaik yang pernah menguasai bola saat bertanding di lapangan sepakbola. Namun, sebenarnya hidup tidak selalu begitu baik untuk Messi. Ia lahir dari  keluarga yang tidak mampu. Ayahnya kerja di pabrik baja, dan memiliki hutang biaya rumah sakit. Untungnya, Lionel Messi memiliki bakat  sepakbola  sehingga segala utang ayahnya dibayar oleh liga sepak bola.

Messi tahu bahwa kemampuannya di sepakbola, selain untuk mengembangkan kemampuan, namun juga untuk membantu orang lain. Oleh sebab itu Messi bergabung dan aktif di UNICEF Goodwill Ambassador. Ia juga aktif mendukung penelitian HIV dan AIDS. Ia mau membantu orang lain keluar dari masalahnya dan juga mendapatkan keberhasilannya.

  1. Rasa Takut Akan Kegagalan Pasti Selalu Membayangi Anda, Namun Jangan Pernah Berhenti

Michael Jordan pertama kali mencoba bermain basket di tim basket di sekolahnya. Ia pernah berkata bahwa dulu ia merasa takut saat berada dalam daftar tim basket itu. Namun rasa takut itu justru menjadi pegangan bagi dia untuk mengatasinya dengan bekerja lebih keras dan membuat timnya maju. Walaupun awalnya timnya selalu kalah, namun ia tidak pernah berhenti untuk selalu menjadi lebih baik. Akhirnya saat ini, Jordan dapat membuktikan bahwa dia adalah pemain basket terbaik sepanjang masa.

Kata-kata yang jordan pernah ucapkan, “ Saya tahu ketakutan adalah hambatan untuk beberapa orang, tapi itu hanya ilusi bagiku.”

 

  1. Bakat adalah Hadiah. Tapi tanpa kerja keras, itu tidak berarti.

Eugenie Bouchard adalah salah satu pemain tenis termuda yang meraih peringkat internasional. Ia mempunyai pelajaran yang baik dalam hidupnya. Ia mempunyai bakat dalam bermain tenis dan dapat mengubahnya menjadi keberhasilan walaupun awalnya sangat tidak didukung oleh keluarganya.Tidak ada satupun di keluarganya yang berprestasi dalam olah raga. Namun semuanya kembali pada dirinya sendiri, ia mulai bermain tenis pada usia 5 tahun, dan pada usia 12 tahun dia bersama kedua orang tuanya pindah ke Florida untuk menerima bimbingan latihan tenis oleh pelatih terbaik. Latihannya sungguh melelahkan, dan dia rela mengorbankan kehidupan normalnya seperti gadis-gadis remaja lainnya demi melakukan itu semua. Akhirnya prestasi yang Eugenie Bouchard dapatkan, ia sudah mencapai peringkat 46 dunia dalam umur yang masih sangat muda, 22 tahun.

 

  1. Jangan mengukur keberhasilan Anda dengan membandingkannya dengan orang lain, karena ketika Anda kecewa, maka Anda akan merasa kehilangan rasa sukacita dan motivasi.

Tiger Woods sejak kecil memiliki tujuan ingin mengalahkan rekor 18 besar saat itu,  yaitu Jack Icklaus. Hal ini adalah suatu motivasi dalam dirinya. Tapi tanpa diperhitungkan, dia mengalami cidera dalam pertandingan itu. Dan cedera tersebut sungguh mempengaruhi kehidupan pribadinya. Saat ia menyadari bahwa ia tidak dapat mengalahkan rekor Nicklaus, sehingga ia kehilangan motivasinya, dan penampilannya terus menurun. Ia menjadi kecewa karena tidak dapat mengalahkan rekor Jack Icklaus.

Setelah beberapa lama mulai muncul titik balik yang dialami oleh Tiger Woods. Ia mulai sadar akan kesalahannya, yaitu membandingkan keberhasilan dirinya dengan keberhasilan orang lain. Padahal yang terpenting adalah bagaimana mencapai keberhasilan-keberhasilan sendiri dan selalu berusaha untuk lebih baik daripada membandingkan diri dengan orang lain. Karena saat membandingkan dengan orang lain, apabila terjadi kegagalan, maka  kekecewaan muncul, sukacita menghilang dan motivasi menurun. Hal tersebut sangat berbahaya bagi seorang atlet terkenal. Tiger Woods  kemuadian berpikir lebih baik untuk fokus pada keberhasilan diri sendiri dan mencapai target yang sesuai diri sendiri. Hasilnya, hingga saat ini dia selalu menjadi pegolf nomor satu dunia.

 

  1. Percaya pada Diri Sendiri dan Jadikan Diri Anda menjadi penggemar terbesar Anda.

Serena Williams dibesarkan di Compton, California, pertama kali  bermain tenis di lapangan umum yang penuh dengan KACA sampai dengan iumur 14 tahun. Sejak usia 14 tahun, dia mulai pindah ke tahap petenis profesional. Namun saat pindah ke tenis profesional, Serena Williams bersama kakaknya mengalami penolakan karena berkulit hitam. Sebelumnya,  olah raga tenis selalu menjadi olah raga kulit putih. Namun yang dilakukan oleh Serena Williams dan kakaknya adalah mereka tetap maju walaupun tidak ada pendukung. Mereka bisa mencintai dan menyayangi diri mereka sendiri. Dan bahkan pendukung mereka hanyalah diri mereka sendiri.

Alhasil, Serena Williams menjadi seorang petenis profesional yang sangat tangguh , dan sampai saat ini  hampir selalu menyandang peringkat nomor 1 dunia. Dan begitu ia sering menang, duia tenis mulai melirik mereka sebagai petenis yang tangguh dan lawan yang kuat. Akhirnya berkat kegigihannya untuk selalu percaya diri dan mencintai dirinya sendiri, maka saat ini penggemar dan pendukung Serena Williams sangat banyak.

 

  1. Jadilah orang yang memiliki sikap damai bila ingin mencapai kebaikan yang sangat besar

Ketika Lebron James mengumumkan bahwa ia meninggalkan Cleveland Cavaliers untuk bergabung dengan Miami Heat, pemilik Cleveland Cavaliers Dan Gilbert menulis surat terbuka yang isinya sangat pedas,  dimana ia menyebutkan James sebagai seorang pengkhianat. Namun pada dasarnya, James dibesarkan di Cleveland dan selalu mencintai kotanya. Dan Gilbert tahu bahwa ia sudah melakukan kesalahan, dan ia membutuhkan James untk kembali di dalam tim Cleveland. Untuk Hal tersebut, Gilbert rela terbang ke Florida, dan duduk dengan James, meminta maaf dan berdamai. Karena tindakan Dan Gilbert yang seperti itu, maka james pun mau kembali ke Cleveland. Dan sejarah pun terbentuk, selama ini Cleveland tidak pernah memiliki reputasi besar, namun setelah kejadian ini , pada tahun 2016, Cleveland Cavaliers mendapat peringkat pertama, dan yang lebih pentingnya lagi, tim mereka mau melakukan perubahan yang besar dengan berdamai.

 

  1. Anda perlu berusaha kerja keras untuk melalui segala rintangan dihadapi

Ini adalah pelajaran besar dari Muhammad Ali, petinju dan filsuf yang begitu dicintai. Pelajarannya adalah melupakan hal-hal yang merugikan Anda dan melupakan segala hal yang memperlambat kerja Anda. Hilangkan pula  beberapa kebiasaan buruk, beberapa kebencian, beberapa rasa bersalah dari masa lalu. Semua hal ini harus ditangani dan diselesaikan sesegera mungkin. Ketika Anda mampu melakukannya, Anda dapat bergerak maju tanpa beban dan mengatasi permasalahan yang sangat besar.

  1. Kita harus memiliki jiwa pemaaf untuk menjaga perdamaian

Olimpiade adalah salah satu ajang olah raga internasional yang menakjubkan. Banyak peristiwa indah terjadi dalam ajang kompetisi olah raga ini. Namun yang menjadi perhatian dalam tips ke delapan ini bukanlah tentang kesuksesan mendapat medali, melainkan tentang dibutuhkannya jiwa pemaaf untuk menjaga perdamaian.

Contoh yang pernah terjadi antara lain, menimpa seorang atlet senam putri AS bernama Gabby Douglas.  Saat itu, timnya juara dan diperdengarkan lagu kebangsaan mereka. Saat mendengarkan lagu, ternyata tersorot kamera kalau Gabby Douglas tidak menaruh tangannya di dada seperti kebiasaan negara. Beberapa saat kemudian ada orang yang  mengirimkan pesan melalui Twitter, dan mengutuk perbuatan Gabby Douglas karena dianggap tidak hormat pada negaranya.

Mungkin Gabby bisa saja menyalahkan orang tersebut dan enggan untuk berprestasi lagi bagi negaranya. Namun yang dilakukan justru sebaliknya, dia mau memaafkan orang tersebut dan tetap fokus pada pertandingannya. Bahkan dia juga berani meminta maaf apabila tindakannya menyingung siapun juga. Akhirnya tindakan sejati Gabby Douglas tersebut membawa perdamaian kembali, dan orang-orang di Twitter kembali mendukungnya.

Itulah 8 tips dan motto yang digunakan oleh atlet-atlet profesional. Atlet adalah orang-orang spesial. Mereka memiliki keberanian, komitmen, kepercayaan diri, dan pengorbanan yang luar biasa. Namun kita semua juga  memiliki potensi yang sama untuk melakukan hal-hal yang luar biasa setiap harinya. Dan hal tersebut tergantung dari kemauan kita sendiri.

Blog

Leave a Reply

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *