4 Cara Meningkatkan Prestasi Anak

Masa sekolah adalah masa yang wajib dilewati oleh setiap orang. Sebagai orang tua tentu saja  sekolah merupakan investasi yang berharga  bagi anak untuk meraih ilmu pengetahuan. Namun seringkali anak Anda hanya mendapatkan nilai yang biasa-biasa saja. Mungkin kini saatnya Anda perlu meningkatkan prestasi anak Anda. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda sampaikan pada anak Anda agar dia pun dapat berprestasi di sekolah :

  1. Berhenti Menunda-nunda : Menunda-nunda adalah sebuah perbuatan yang membawa pada kehancuran. Menunda-nunda membuat pekerjaan anak Anda tidak pernah selesai, sedangkan pekerjaan bertambah terus. Yang perlu Anda lakukan adalah mengajari anak anda untuk bertaggung jawab menyelesaikan pekerjaannya dengan sesegera mungkin dan tepat waktu. Kebiasaan tepat waktu dalam menyelesaikan pekerjaannya, membuat Anak Anda menjadi disiplin, tentu saja merupakan modal yang baik dari prestasi Anak Anda
  1. Berani meminta Bantuan jika kesulitan : Meminta bantuan guru ataupun orang tua merupakan hal yang wajar bagi seorang anak yang mempelajari hal baru. Sebagai orang tua, Anda perlu memberi tahu anak Anda untuk tidak malu bertanya apabila ia mengalami kesulitan dalam pelajarannya. Jangan pernah takut untuk mendekati guru untuk bertanya. Dengan berani bertanya, justru anak Anda semakin percaya diri dan fokus untuk mencari solusi terhadap kesulitannya. Kepercayaan diri ini mendongkrak anak Anda untuk lebih berprestasi.

 Menetapkan Tujuan : Tujuan merupakan hal yang sangat penting untuk meraih prestasi. Adanya tujuan membuat jelas target yang ingin dicapai. Bimbing anak Anda untuk membuat tujuannya. Alasan mengapa dia harus rajin belajar, alasan mengapa dia harus disiplin, alasan mengapa dia harus bertanggung jawab. Bimbing anak Anda untuk menemukan tujuan yang jelasa dan alasan yang jelas yang dapat diterimanya. Namun Anda pun perlu waspada, jangan sampai tujuan yang dibuat oleh anak Anda adalah tujuan Anda bukan tujuan anak Anda.  Ini bisa berbahaya jutru menurunkan motivasi anak Anda. Diskusikanlah tujuan anank Anda dengan baik.

  1. Yakin : Keyakinan adalah hal penting kedua setelah menetapkan tujuan bagi anak Anda. Keyakinan bahwa tujuan dari anak Anda pasti bisa dicapai membantu dalam meningkatkan motivasi anak. Berdiskusi dengan anak, dan tingkatkan keyakinannya adalah hal yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan prestasinya. Anda bisa menggunakan kesuksesan-kesuksesan anak Anda sebelumnya untuk memotivasinya. Katakan bahwa dia mampu meraih tujuan yang ia targetkan seperti mendapatkan kesuksesan sebelumnya. Pastinya anak Anda akan lebih yakin untuk mencapai tujuannya.

Demikian beberapa cara untuk meningkatkan prestasi anak Anda. Namun yang harus diingat pula, bagi Anda sebagai orang tua, arti prestasi di sini bukanlah hanya akademik semata. Bisa saja prestasi anak Anda berupa prestasi dalam seni, olah raga, kemampuan sosialisasi, atau memiliki sikap yang baik, dan lain-lain. Dan jangan lupa pula, apabila anak Anda mencapai prestasi, berilah dia penghargaan seperti pujian, hadiah, ataupun apresiasi lainnya yang menunjukan bahwa dia pantas mendapatkannya setelah dia berprestasi.

Blog

Leave a Reply

Leave a Reply