Pikiran Positif : 5 Tips untuk Memiliki Pola Pikir Positif

Pikiran Positif : 5 Tips untuk Memiliki Pola Pikir Positif

Pola pikir yang positif mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap kesehatan pikiran manusia. “Apa yang Anda pikirkan?” adalah salah satu pertanyaan yang seringkali perlu Anda jawab dalam menghadapi sebuah masalah. Jawaban Anda berikan seperti apa, Apakah positif? ataukah justru negatif?

Apakah Anda pernah menjawab pertanyaan di atas dengan negatif seperti “tidak seharusnya kejadian buruk ini menimpa saya, seharusnya menimpa dia.” Atau mungkin Anda pernah berpikir, “betapa sialnya diriku, tidak secantik dan seberuntung dia.” Apakah demikian yang Anda pikirkan? Kalau yang Anda ucapkan selama ini adalah jawaban-jawaban negatif, mungkin tanpa Anda sadari Anda memiliki kebiasaan yang negatif pula. Dan tentu saja bila diteruskan itu sangat berbahaya bagi kehidupan Anda.Saat Anda berubah untuk memiliki pola pikir positif dengan cara-cara yang sederhana namun dikerjakan secara rutin setiap hari.

Berikut ini adalah tips-tips yang Anda lakukan untuk mengubah pola pikir Anda untuk menjadi positif dan berguna di dalam kehidupan Anda :

  1. Tulis Yang Kamu Kerjakan Setiap Hari

Setiap pagi pikirkan sesuatu yang positif yang akan dilakukan satu hari ini, misalkan “b saya setiap pagi harus bangun pagi dan bekerja dengan semangat” lalu simpan dalam pikiran Anda. Buatlah di dalam pikiran Anda suatu alasan kenapa Anda harus pergi setiap pagi. Dengan memiliki alasan yang jelas, Anda akan menciptakan pola pikir positif untuk menjadi lebih baik.

Contoh lain dari program pikiran yang dapat Anda katakan saat Anda bangun pagi, yaitu “saya hari ini mau makan-makan yang sehat” atau bisa juga “ saya hari ini mau meditasi untuk meregangkan saraf saya yang tegang”.

Dengan memiliki pola pikir  yang positif untuk bangun setiap pagi, maka Anda sudah dapat membuat diri Anda lepas dari tempat tidur saat pagi hari. Dengan adanya tindakan berulang-ulang dari proses tersebut, pasti Anda akan merasa lebih baik dalam mengatur waktu untuk menjadi lebih bermanfaat.

  1. Buat Pengingat (Alarm) Setiap Hari untuk Melakukan Hal Positif

Apakah penting untuk melibatkan diri untuk hal yang positif? Sangat penting. Untuk membuat pola pikir positif terajdi secara alami, tentu saja sangat penting bagi Anda untuk melibatkan diri dalam hal yang positif. Oleh karena itu buatlah alarm setiap pagi di dalam ponsel Anda, misalkan buat pesan di ponsel Anda dengan kata-kata “ Aku mencintai istriku “, atau “Hari ini aku pasti sukses” ataupun kalimat lainnya yang cocok dengan karakter Anda. Jadi, saat alarm ponsel Anda berbunyi maka Anda akan selalu ingat setiap pagi Anda memiliki hal yang positif untuk dikerjakan dan dilakukan. Dengan hal positif sebagai alarm Anda, maka Anda akan selalu ingat apa yang akan Anda lakukan saat ini.

  1. Kesampingkan Pikiran Negatif Saat Anda Bekerja

Dalam bekerja apalagi di dalam lingkungan kantor, sebaiknya kesampingkan perasaan negatif Anda. Perasaan negatif akan mendorong diri Anda untuk malas bekerja. Pikiran negatif hanya akan membawa Anda kedalam kehancuran. Beberapa cara untuk mengesampingkan pikiran negatif dengan meditasi, hipnoterapi, ataupun berjalan-jalan sejenak. Cara ini dapat dilakukan sendiri ataupun dengan bantuan orang yang lebih ahli, misalkan untuk hipnoterapi, Anda ungkin membutuhkan bantuan hipnoterapis untuk mendapatkan hasil yang  lebih maksimal untuk mengubah mindset Anda yang negatif. Hipnoterapis profesional dapat membantu Anda untuk mengatasi segala permasalahan pikiran dan emosional yang selalu membayangi kehidupan Anda. Segeralah Anda perbaiki masalah pola pikir Anda sebelum menjadi lebih berat dan mengganggu kegiatan Anda. Dan semua kembali pada diri Anda sendiri untuk mengesampingkan  pikiran negatif Anda atau tidak.

  1. Lakukan Perawatan pada diri Anda

Cara berikutnya yang seringkali dilewatkan oleh banyak orang, khususnya pria adalah perawatan diri. Jika Anda pria, perawatan diri ini bukan berarti bukan berarti Anda harus melakuan facial setiap minggu seperti yang dilakukan oleh para wanita. Namun Anda bisa melakukan perwatan diri seperti mandi sauna, ataupun melakukan pijat refleksi untuk mengurangi stress Anda. Walaupun sederhana, perawatan diri ini memiliki efek yang cukup signifikan untuk menentukan pikiran positif seseorang karena secara tidak langsung pikiran dipengaruhi oleh fisik. Fisik yang tidak terawat karena kelelahan, tentu saja memicu pikiran yang negatif. Lakukan perawatan diri ini secara rutin, pasti pikiran Anda pun akan positif.

  1. Olah raga tiap pagi

Olah raga setiap pagi mulai dari jam 05:00 selama lebih kurang 30 menit membuat pikiran kita segar dan positif.  Lakukan peregangan awal selama 15 menit. Peregangan dapa , salah satu dapat mencegah ketegangan urat-urat saraf yang sehari-hari kita gunakan untuk berpikir.

Setelah peregangan bisa dilanjutkan dengan olah raga inti seperti berlari ringan (jogging) atau jalan ringan. Latihan ini dapat membantu melatih jantung dan paru-paru Anda. dnegan jantung dan paru-paru yang sehat, aliran darh dalam tubuh Anda menjadi lancar. Oksigen yang dibawa darah menuju otak pun menjadi lancar. Dengan kecukupan oksigen yang baik, otak dapat berpikir dengan jernih dan positif.

Demikian lima tips sederhana bagi Anda untuk berpikir positif dan dapat dilakukan secara nyata. Lakukan secara rutin dan pasti Anda senantiasa dapat berpikir positif.

Blog

Leave a Reply

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *