4 Cara Menghabiskan Waktu dengan Anak Bila Anda Tidak Memiliki Waktu

Bagi sebagian orang tua, waktu adalah komponen yang sangat penting dalam hidup. Sebagian orang tua menghabiskan waktunya untuk bekerja dengan  alasan untuk membahagiakan keluarga. Namun apakah demikian yang dipikirkan oleh seorang anak yang memiliki orang tua yang sibuk bekerja, mencari unag banyak, namun tidak sempat bermain dengan dirinya.

Apakah sebagai orang tua, Anda tahu bahwa menghabiskan waktu berkualitas bersama anak-anak sangat penting untuk perkembangan dan kebahagiaan mereka. Ribuan anak di seluruh dunia mengatakan bahwa waktu yang dihabiskan dengan mereka tidak perlu rumit atau panjang, tetapi harus “berkualitas”. Yang diperlukan hanyalah menemukan cara untuk menciptakan beberapa kenangan yang akan membuat anak-anak kita tahu bahwa kita benar – benar  mencintai mereka.

Baca Juga :

Anak Merupakan Karunia Unik Dari Tuhan

Banyak anak akan membiarkan Anda tahu dengan cara “halus” mereka sendiri jika mereka merasa bahwa Anda tidak memberi mereka perhatian yang mereka butuhkan.  Beberapa anak akan menarik diri sementara yang lain akan “bertindak di luar batas” . Anda mungkin pernah melihat saat seorang anak memberi mencibir  seorang guru, berkelahi dengan teman sekelas atau mungkin kembali pada perilaku yang pernah mendapat perhatian Anda seperti tangisan yang meningkat, mengamuk atau bahkan tidur- tiduran di lantai. Beberapa cara ini adalah cara untuk menarik perhatian Anda, meski sering kali negatif. Yang mereka cari mungkin hanyalah dapat menikmati waktu “fokus” dengan Anda.  Jadi bagaimana Anda bisa menemukan waktu waktu bersama Anak ketika Anda tidak mempunyai waktu  ? Berikut ini cara untuk Anda menghabiskan waktu dengan anak Anda walupun anda sibuk :

  1. Berikan satu waktu bersama satu per satu anak Anda

Waktu bersama anak Anda paling baik Anda berikan saat Anda melakukan sesuatu yang Anda sukai. Dalam satu keluarga, Anda mungkin dapat pergi bersama-sama untuk melakukan hal yang Anda sukai, dan bagi waktu dengan istri Anda untuk menemani masing-masing anak Anda, misal sayah menggendong bayinya, dan  Ibu bisa menghabiskan waktu bersama anak yang lebih tua. Ini bisa Anda lakukan saat nonton bioskop bersama, atau mungkin hanya sekedar duduk di taman dan bersenda gurau. Frekuensi untuk bicara satu lawan satu dengan Anak Anda terserah Anda, namun setidaknya sebulan sekali adalah minimum.

Jika Anda adalah seorang ibu tunggal dengan lebih dari satu anak, Anda bisa mengaturnya sehingga setiap hari Sabtu Anda menghabiskan waktu berkualitas dengan salah satu dari anak Anda, dan pada Sabtu terakhir setiap bulan Anda dapat menghabiskan waktu berkualitas sebagai sebuah keluarga.

Menandai jadwal Anda di kalender adalah ide bagus dan menunjukkan kepada anak-anak Anda bahwa Anda menjadikan prioritas ini sebagai prioritas.

Baca Juga :

15 Hal yang Membuat Anak Mencintai Anda
  1. Mengintegrasikan Waktu Bersama ke dalam Jadwal Harian Anda

Anak-anak pada dasarnya senang membantu. Apakah Anda ingin mengirimkan sebuah surat ? Mintalah mereka meletakkan prangko di amplop. Apakah hari ini Anda perlu belanja ke supermarket? Jadikan belanja bahan makanan sebagai “waktu bermain” dengan Anda. Apakan Anda perlu menyiapkan makan malam? Biarkan mereka membantu Anda dengan berkontribusi pada proses persiapannya. Meskipun mungkin akan semakin kacau dan mungkin lebih banyak waktu di awal, namun Anda akan melihat bahwa anak-anak akan menjadi pembantu terbaik Anda dan mereka akan mengingat bahwa “sebelum makan malam” selalu ada waktu yang spesial bersama Anda.

  1. Jadilah Orang tua Bayangan

Anda tidak punya waktu luang sampai sekitar pukul 3 pagi? Anda masih bisa membiarkan anak-anak Anda tahu bahwa Anda peduli. Tulis catatan dan jatuhkan mereka ke dalam kotak makan siang mereka. Ini adalah salah satu dari sepuluh hal yang anak-anak katakan bahwa mereka merasa dicintai dan diperhatikan oleh orang tua mereka. Gagasan lainnya adalah merekam video singkat untuk mereka menggunakan kamera dan membiarkannya di meja sarapan. Jadilah kreatif disini!

  1. Geser Waktu istirahat Anda

Semua orang sibuk.  Beberapa orang tua lebih sibuk dari yang lain. Geser waktu istirahat Anda untuk bangun lebih awal sehingga Anda dan anak-anak Anda bisa menghabiskan waktu 15 menit atau setengah jam bersama. Atur timer Anda  perlu agar semua orang tahu kapan “waktu istirahat” Anda dimulai dan selesai. Setelah Anda geser waktu istirahat Anda, bangunkan anak Anda 15 menit lebih awal sehingga Anda bisa menghabiskan sedikit waktu ekstra untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan di pagi hari. Anda mungkin berpikir bahwa 15 menit adalah waktu yang tidak signifikan sama sekali, tapi bagi anak kecil, ini adalah 15 menit ekstra terbaik dengan Anda.

Menghabiskan waktu bersama anak-anak Anda memberi mereka kesempatan untuk belajar dan didengarkan. Yang terpenting, ini memberi Anda dan anak-anak Anda waktu untuk terhubung. Inilah koneksi yang membuat anak Anda merasa dicintai. Jadi tinggalkan tempat tidur selama beberapa menit lebih awal, letakkan kopi Anda, dan  luangkan waktu ekstra untuk menghabiskan waktu bersama anak-anak Anda. suatu saat nanti bila Anda melihat ke belakang, Anda akan bersyukur atas kenangan itu.

Baca Juga :

Mengetahui Metode Pembelajaran pada Anak Kinestetik
Blog

Leave a Reply

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *