Melahirkan Dengan Nyaman Dengan Hipnotis

Pada artikel ini, saya akan lebih membahas pentingnya menjaga kestabilan dari pikiran dan emosi pada proses melahirkan seorang anak. Dan pada artikel ini juga saya akan membahas tentang salah satu cara untuk menjaga pikiran dan emosi ibu tetap baik saat proses melahirkan dengan menggunakan teknik Hypnosis for Birthing
(hipnosis untuk melahirkan).

Proses kehamilan seorang ibu diakhiri dengan proses melahirkan. Tentu saja kedua proses sangat berhubungan. Untuk bisa melakukan proses melahirkan dengan baik, proses kehamilan selama sembilan bulan pun harus dijaga dengan baik. Begitu juga dalam menjaga pikiran dan emosi pada kedua proses ini.

Pentingnya menjaga pikiran dan emosi pada proses kehamilan sudah pernah saya bahas pada artikel sebelumnya. Sedangkan pentingnya menjaga pikiran dan emosi pada saat proses melahirkan akan saya bahas saat ini.

Seorang ibu yang sudah menjalankan kehamilannya selama sembilan bulan tentu saja mengalami perubahan-perubahan pada emosi dan pikirannya saat menjelang proses melahirkan, dan hal tersebut adalah wajar. Mungkin timbul emosi ketakutan karena kita tahu banyak yang mengatakan proses melahirkan adalah di antara hidup dan mati seorang ibu. Mungkin juga timbul emosi kekhawatiran apakah persalinan yang akan dilakukan nanti berjalan lancar dan apakah ibu dan anak sehat. Mungkin juga muncul emosi kecemasan apakah saat persalinan nanti akan terjadi rasa sakit yang begitu kuat atau perdarahan setelah melahirkan. Banyak sekali kemungkinan-kemungkinan emosi negatif yang muncul di dalam pikiran seorang ibu yang mau melahirkan anaknya.

Emosi-emosi tersebut sebenarnya masih wajar apabila masih di dalam batasnya, namun bagi beberapa ibu, dan seringkali terjadi pada ibu yang baru pertama kali melahirkan anak, emosi tersebut dapat menguat secara tidak wajar dan berlebihan, dan hal ini yang dapat menjadi masalah dalam proses melahirkan.  Kecemasan dan ketakutan ibu yang berlebihan dalam proses melahirkan justru dapat mengganggu kelancaran proses melahirkan tersebut. Gangguan yang dapat terjadi akibat kecemasan dan stress berlebihan saat proses melahirka, yaitu  menjadi tidak nyaman saat melahirkan sehingga memperlama waktu persalinan, rasa sakit yang dirasakan dapat terasa lebih kuat, dapat meningkatkan resiko perdarahan setelah bayi dilahirkan, dan resiko-resiko lainya yang buruk bagi ibu maupun anak yang lahir.

Untuk menanggulanggi terjadi kecemasan-kecemasan tersebut ada baiknya mengatasi kecemasan, ketakutan dan stress ibu sejak dini, yaitu dari masa kehamilan samapai dengan proses persalinan. Ada satu kegunaan hipnoterapi yang dapat membantu lancarnya kehamilan dan proses persalinan seorang ibu dari segi pikiran dan emosi, yaitu Hypnosis for Birthing.

Hypnosis for Birthing atau yang biasa disebut hipnoterapi untuk memabantu proses persalinan adalah sebuah cara untuk mempersiapkan pikiran dan emosi seorang ibu dalam menjalani proses kehamilan dan melahirkan. Dengan hipnoterapi untuk persalinan ini, pikiran dan emosi seorang ibu disiapkan sejak dini sejak masa awal kehamilan. Pikiran bawah sadar ibu (merupakan bagian yang paling dominan dari pikiran seseorang dan menguasai emosi seseorang) disiapkan dari awal untuk menerima sang buah hati yang dikandungnya secara sukacita. Pikiran diberikan sugesti untuk bersyukur dan menerima sang buah hati sebagai rejeki dari yang maha kuasa.

Dalam proses kehamilan, tentu saja akan terjadi perubahan-perubahan dan fisik dan emosi seorang ibu. Hypnosis for Birthing ini juga membantu seorang ibu hamil untuk memaklumi perubahan-perubahan yang terjadi pada fisik dan emosi seorang ibu. Hipnoterapi ini juga membantu meningkan semangat dan motivasi seorang ibu untuk menjalankan dan menyelesaikan masa kehamilannya.

Pada proses akhir, pada saat-saat hendak melahirkan, seorang ibu membutukan kondisi mental yang prima. Pikiran dan emosi seorang ibu yang baik membantu kelancaran dari persalinan. Hypnosis for Birthing ini dapat membantu seorang ibu yang akan menghadapai persalinan dengan cara menyiapkan pikiran dan emosi ibu untuk tetap tenang, rileks dan nyaman saat melahirkan. Dengan kenyamanan dan ketenangan ini maka diperoleh hasil positif bagi kelancaran persalinan, yaitu mengurangi lamanya waktu persalinan, meningkatkan kenyamanan sehingga seringkali dirasakan mengurangi nyeri saat persalinan, meningkatkan percaya diri dan kepuasaan saat melahirkan, dan secara tidak langsung mengurangi tingkat resiko diperlukannya operasi saat persalinan.

Ada beberapa tips untuk menjaga pikiran dan emosi anda para ibu dalam menjalani seluruh proses kehamilan sampai proses kelahiran :

  1. Syukuri dan terimalah buah hati yang ada di dalam perut Anda dengan sukacita.
  2. Jaga fisik Anda dari kelelahan dengan cara mengurangi aktivitas yang berat.
  3. Tetap lakukan aktivitas ringan yang dapat dilakukan, termasuk berolahraga ringan.
  4. Makan yang teratur termasuk menambah asupan makanan untuk janin yang ada di dalam perut.
  5. Jaga pikiran Anda dengan selalu berpikir positif, bila perlu sediakan waktu untuk merelaksasikan pikiran atau r
  6. Banyaklah membaca dan pelajari perubahan-perubahan alami yang mungkin terjadi pada tubuh Anda saaat kehamilan Anda sampai masa persal

Kontrol rutin ke dokter untuk memeriksa kesehatan Anda  dan Janin.

Blog

Leave a Reply

Leave a Reply