10 Manfaat Olah Raga yang Perlu Anda Ketahui

10 Manfaat Olah Raga yang Perlu Anda Ketahui

“ Mensana Corpora Sano! “ Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Bukankah kita menghendaki bukan hanya tubuh yang sehat dan kuat tetapi juga jiwa yang sehat dan kuat? Sebab sesungguhnya tubuh manusia tidak bisa dipisahkan dengan pikiran dan jiwanya. Olahraga ternyata mempunyai banyak manfaat bagi manusia selain menyehatkan tubuh tetapi juga olahraga dapat mengurangi stress pada manusia, itu salah satu manfaat dari olahraga. Banyak keuntungan berolahraga yang perlu diketahui oleh semua orang. Bila kita coba mengumpulkan keuntungan berolahraga kita dapat mendapatkan ringkasan sebagai berikut :

1. Membuat jantung anda lebih berdaya guna. Otot jantung di perkuat, dan jumlah darah yang dipompakan lebih banyak.

2. Menormalisasi tekanan darah. Bila tekanan darah anda tinggi olahraga akan menurunkannya. Namun bila tekanan darah anda rendah, olahraga justru akan menaikannya menjadi normal.

3. Memperbesar kapasitas darah dalam membawa oksigen sehingga lebih banyak darah yang dapat mencapai ke seluruh bagian tubuh manusia.

4. Menurunkan denyut nadi dalam keadaan istirahat. Ini sangatlah penting sebab dengan berkurangnya denyutan nadi, jantung tidak perlu bekerja terlalu keras.

5. Memperlancar peredaran darah. Aliran darah adalah sungai kehidupan anda, sebab darah membawa oksigen, zat makanan dan zat-zat penting lainnya ke seluruh tubuh manusia. Darah juga yang membawa sisa metabolisme ke ginjal, paru-paru dan kulit untuk dikeluarkan dari tubuh anda.

6. Merangsang pernapasan yang dalam, yang menyebabkan paru-paru berkembang melalui refleks dan reaksi kimia. Hal ini menyebabkan paru-paru lebih berdaya guna, sebab lebih banyak oksigen akan disalurkan ke dalam darah dan lebih banyak karbon dioksida yang dapat dibuang dari dalam tubuh.

7. Membuat otot yang tegang menjadi luwes, serta meredakan emosi yang negatif. Ini akan membuat anda merasa lebih senang terhadap diri sendiri, sebab kemarahan dan frustrasi dapat dikurangi.

8. Menambah tenaga listrik pada otak dan sel saraf. Hal ini akan memberikan keseimbangan yang lebih baik antara susunan saraf sadar dan tak sadar.

9. Menolong pencernaan dan mendorong kegiatan usus, menggurangi gas dan sembelit.

10. Menguatkan otot, tulang dan jaringan pengikat tubuh. Ini akan menghindarkan anda dari kehilangan mineral tulang, dengan demikian anda akan terhindar dari penyakit osteoporosis.

(RTK, dr. Kathleen dan Dr. Jonathan Kuntaraf)

Blog

Leave a Reply

Leave a Reply