Kata – kata Bijak yang Menghipnotis

Kata – kata Bijak yang Menghipnotis

Efek hipnotis bisa berasal dari mana saja, dari orang, dari buku, dari film, maupun termasuk dari kata-kata bijak kehidupan. Efek hipnotis dari kata-kata bijak kehidupan tentu saja sangat besar, hal ini dibuktikan dengan banyaknya kata-kata bijak kehidupan yang masih diingat dan dikatakan orang sepanjang masa, tentu saja hal itu berarti hipnotis yang sangat kuat.  Sebelum membahas lebih lanjut tentang hipnotis, ada baiknya kita mengerti dulu mengapa di dalam hidup kita muncul kata-kata bijak kehidupan.

Di dalam hidupnya, seorang manusia seringkali menghadapi berbagai Masalah . Banyak sekali masalah yang mungkin dihadapi dalam satu siklus kehidupan manusia. Masalah tersebut antara lain, masalah keluarga, masalah ekonomi, masalah kesehatan, masalah hukum , dan lain sebagainya. Masalah tersebut bisa besar, bisa juga kecil, bisa rumit, bisa juga mudah. Dan masalah itu pun bisa bervariasi, berhubungan dengan orang lain, atau hanya masalah pribadi saja.

Setelah mengetahui masalah yang ada, yang perlu dilakukan oleh orang tersebut adalah menyelesaikannya agar dia dapat bertahan hidup, karena masalah adalah suatu cobaan bagi orang untuk tetap mampu bertahan hidup atau tidak. Masalah adalah suatu keadaan yang harus diselesaikan.

Pertanyaan yang harus dilontarkan adalah “Mampukah seseorang menyelesaikan masalahnya ? Mampukah seseorang untuk tetap bertahan sampai masalahnya selesai ?” Jawabannya tentu saja relatif, ada orang yang mampu mneyelesaikan masalahnya, dan ada juga yang merasa tidak mampu menyelesaikan masalahnya karena terlalu berat dan sulit.

Dalam menyelesaikan masalah, seseorang terkadang mampu menyelesaikan masalahnya dengan mudah. Namun terkadang pula, seseorang bisa membutuhkan waktu yang cukup lama dalam menyelesaikan masalahnya, bisa berhari-hari atau bahkan bertahun-tahun. Untuk masalah yang memerlukan waktu penyelesaian inilah dibutuhkan sebuah cara untuk tetap bertahan, tetap berusaha dan tetap fokus dalam penyelesaian masalah. Cara tersebut dinamakan motivasi.

Orang  seringkali membutuhkan motivasi  di dalam hidupnya. Orang sering membutuhkan sebuah alasan yang kuat untuk melakukan sebuah perbuatan. Motivasi dibutuhkan karena kehidupan manusia ada saatnya turun dan jatuh sehingga untuk bangkit kembali dibutuhkan sebuah motivasi. Motivasi juga dibutuhkan untuk tetap konsisten pada penyelesaian masalah yang ada. Banyak cara untuk menemukan motivasi di dalam diri, dan tiap orang punya caranya masing-masing. Namun saat ini ada satu cara yang pasti dapat memotivasi diri manusia, yaitu  dorongan dari pihak lain. Dorongan ini dapat diberikan secara langsung ataupun tidak langsung. Dorongan ini dapat diberikan oleh keluarga, pasangan, teman, ataupun orang lain yang mungkin belum pernah dikenal sama sekali.

Dorongan dari pihak lain salah satunya bisa kita dapatkan dengan cara mendengar, membaca atau mencari kata-kata bijak kehidupan dari seseorang yang terkenal, sebuah buku, ataupun dari internet. Dinamakan kata-kata bijak kehidupan, karena kata-kata bijak tersebut memiliki arti dan makna yang ada di dalam kehidupan dan tentu saja penting dan membantu meningkatkan motivasi bagi pembacanya. Kalau kita browsingdengan kata kunci kata-kata bijak kehidupan, akan banyak sekali hasil yang keluar, bermacam-macam, dan sebagian besar bagus sekali untuk memotivasi kehidupan kita. Namun pada artikel ini saya akan membahas beberapa kata bijak kehidupan yang bertahan lama, mungkin sudah ada dari jaman kakek nenek kita, dan sampai sekarang masih ada dan diturunkan pada anak cucu kita.

Kata-kata bijak kehidupan yang bertahan lama tersebut, jika dibahas di dalam bidang pikiran, dapat dikatakan memiliki efek hipnotis. Efek hipnotis dari kata-kata bijak kehidupan tersebut yang membuat kata-kata bijak  kehidupan tersebut bisa menjadi terkenal dan tidak terlupakan sepanjang masa.  Efek hipnotislah yang membuat kata-kata bijak tersebut masuk ke dalam pikiran setiap anggota masyarakat.

Mengapa kata-kata bijak kehidupan tersebut bisa dikatakan memiliki efek hipnotis ? Mari kita bahas terlebih dahulu yang disebut dengan hipnotis. Hipnotis sebenarnya adalah orang yang mampu atau ahli melakukan hipnosis. Sedangkan hipnosis sendiri adalah sebuah ilmu untuk memberikan pesan pada pikiran bawah sadar dengan cara melewati area kritis dalam pikiran manusia. Namun seringkali oleh masyarakat awam hipnosis dan hipnotis disamakan artinya. Untuk itu di dalam artikel ini apabila saya menggunakan kata hipnotis maksudnya adalah hipnosis.

Lalu bagaimana hubungan antara efek hipnotis dengan kata-kata bijak kehidupan? Ternyata hubungannya adalah beberapa kata-kata bijak kehidupan yang bisa bertahan lama hingga saat ini ternyata bisa menembus area kritis dari pikiran manusia dan masuk ke dalam pikiran bawah sadar manusia sehingga menjadi sebuah program yang selalu diingat oleh pikiran manusia. Kata-kata bijak kehidupan tersebut tertanam di pikiran bawah sadar setiap generasi masyarakat sehingga selalu diajarkan (menjadi tindakan yang nyata) secara turun temurun dan sampai saat ini masih ada.

Efek hipnotis dari kata-kata bijak kehidupan selain berhubungan dengan makna yang baguis dari kata-kata bijak kehidupan tersebut, akan tetapi juga berhubungan dengan orang yang menciptakan kata-kata bijak kehidupan tersebut. Ada beberapa tokoh nasional, tokoh pendidikan, tokoh agama, atau tokoh apapun yang dihormati dan dihargai, tentu saja sangat berpengaruh dalam menciptakan efek hipnotis terhadap kata-kata bijak kehidupan yang dilontarkannya.

Pada artikel ini saya akan membahas beberapa kata-kata bijak kehidupan yang dari dulu sudah ada dan sampai saat ini masih diketahui oleh masyarakat. Kata-kata bijak kehidupan tersebut antara lain :

1.Surga Berada Di Bawah Telapak Kaki Ibu

Surga ditelapak kaki ibuKata-kata bijak kehidupan ini tentu saja tidak termakan oleh jaman. Bagi masyarakat Indonesia sendiri, kata-kata bijak kehidupan ini mempunyai makna yang sangat besar dan mendalam. Dijelaskan bahwa surga berada di bawah telapak kaki ibu, sehingga orang tua, terutama ibu mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam kehidupan seorang anak. Seorang anak wajib menghormati orang tuanya terutama ibu karena seorang ibu yang mengandung anaknya selama 9 bulan dan melahirkan anaknya dengan penuh perjuangan. Apabila dipikirkan dan direnungkan secara mendalam arti  kata-kata bijak kehidupan di atas menunjukan bahwa seorang anak harus berbakti pada orang tuanya untuk mendapatkan surga atau kebahagiaan.

Dari sisi efek hipnotis dari kata-kata bijak kehidupan di atas, tentu dapat dilihat efek hipnotisnya sangat kuat, terutama bagi masyarakat Indonesia sendiri.  Bagi masyarakat Indonesia kata-kata bijak kehidupan di atas menjadi sebuah acuan dalam menentukan kebahagiaan seseorang. Seorang anak perlu berbakti pada orang tuanya terutama ibunya apabila ingin mendapatkan surga ( kebahagiaan) di dalam hidupnya.

2.Tuntutlah Ilmu Sampai Ke Negeri Cina

Tuntutlah Ilmu Sampai Ke Negeri Cina

Kata-kata bijak kehidupan ini pun cukup terkenal di dalam masyarakat indonesia. Makna sebenarnya dari kata-kata bijak kehidupan di atas adalah kejarlah pengetahuan dan ilmu walaupun pengetahuan dan ilmu itu jauh letaknya.

Asal mula kata-kata bijak kehidupan ini  muncul yaitu karena sejak dahulu cina sudah menjadi negara yang maju di dalam peradabannya. Ilmu pengetahuan dan kemampuan-kemampuan lainnya sudah berkembang pesat di Cina dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Jadi negara-negara lainnya termasuk Arab pun perlu banyak belajar dari negara Cina yang sudah maju peradabannya.

Hubungannya dengan hipnotis dari kata-kata bijak kehidupan ini, yaitu kata-kata bijak kehidupan ini membantu untuk membuka pikiran bawah sadar manusia sehingga manusia sadar dan merasa perlu senantiasa berjuang untuk menuntut ilmu sebanyak-banyaknya. Dan menuntut ilmu sebanyak-banyaknya bisa berasal dari siapapun dan tempat manapun juga. Bahkan apabila Anda perlu mencari ilmu dari tempat yang lain yang bukan asal Anda, datangilah tempat itu, dan pelajarilah ilmunya.

3.Gantungkan Cita-citamu Setinggi Langit

Gantungkan Cita-citamu Setinggi Langit

Kata-kata bijak kehidupan di atas sangat terkenal. Apakah Anda tahu siapa yang mengucapkannya ? Ternyata yang mengucapkan kata-kata bijak kehidupan yang terkenal ini adalah presiden pertama Indonesia, yaitu Ir. Soekarno. Kata-kata bijak selengkapnya adalah “ Gantungkan cita-citamu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh diantara bintang-bintang.

Kata-kata bijak kehidupan di atas sangat terkenal. Kata-kata bijak kehidupan tersebut memiliki arti yang mendalam. Banyak makna yang dapat diambil dari kata-kata bijak di atas. Anda bisa mengambil makna bahwa Anda perlu memiliki cita-cita yang sangat tinggi, setinggi langit, sehingga kalaupun Anda tidak dapat mencapainya, Anda jatuh tapi  tetap berada di atas (diantara bintang-bintang), tidak jatuh sampai ke dasar. Ataupun Anda juga dapat mengartikan makna kata-kata bijak kehidupan di atas dengan cara semakin tinggi kita menentukan cita-cita semakin tinggi pula usaha yang perlu kita lakukan sehingga kita berjuang untuk memampukan diri kita mencapai cita-cita yang kita inginkan. Sehingga dengan cita-cita yang tinggi, kita semakin mau berusaha meningkatkan kemampuan diri kita.

Efek hipnotis yang berhubungan dengan kata-kata bijak kehidupan di atas, yaitu kata-kata bijak kehidupan tersebut diucapkan oleh seorang negarawan dan juga tokoh bangsa yang sangat berkarisma, presiden Soekarno. Efek hipnotis akan semakin besar berpengaruh pada orang yang mendengarkan pesannya apabila diucapkan oleh seorang tokoh yang dipercaya, dan dihormati seperti Presiden Soekarno. Jadi sangat wajar apabila pesan yang disampaikan oleh Presiden Soekarno masuk ke dalam pikiran bawah sadar rakyat Indonesia. Dan tidak mengherankan apabila kata-kata bijak kehidupan ini bertahan sampai sekarang,  karena sudah menjadi program di dalam pikiran bawah sadar rakyat Indonesia sejak Indonesia merdeka.

4.Berilah Dia Pancing Bukan Ikannya

Berilah Dia Pancing Bukan Ikannya

Kata-kata bijak kehidupan ini juga cukup terkenal, walaupun bukan merupakan kalimat yang sebenarnya. Kalimat sebenarnya dari kata-kata bijak kehidupan ini adalah “Beri dia ikan dan engkau memberinya makan untuk sehari. Ajari dia memancing ikan dan engkau memberinya makan untuk selamanya.” Kata-kata bijak kehidupan ini diucapkan seorang filsuf yang sangat terkenal, yaitu Konfusius..

Makna dari kata-kata bijak kehidupan di atas adalah apabila kita ingin menolong orang, janganlah kita langsung memberikan yang orang tersebut butuhkan, namun yang kita berikan adalah cara untuk mendapatkan kebutuhannya itu. Hal ini sangatlah tepat karena apabila kita selalu menyodorkan yang dibutuhkan, maka orang yang kita bantu menjadi malas untuk berusaha mendapatkan kebutuhannya, sedangkan apabila kita memberitahukan caranya, maka orang tersebut dapat berusaha untuk mendapatkan kebutuhannya sendiri.

Efek hipnotis dari kata-kata bijak kehidupan ini  terletak pada maknanya dan juga pengaruh dari orang yang mengataknnya. Dari segi maknanya, kata-kata bijak kehidupan ini sungguh mengajarkan cara untuk berjuang di dalam hidup. Maknanya begitu dalam, dan bisa dipakai oleh siapapun orangnya, dari suku dan negara manapun juga. Karena mempunyai makna yang universal ini, maka kata-kata bijak kehidupan ini dapat diterima dan menghipnotis siapa saja.

Selain dari makna, efek hipnotis dari kata-kata bijak kehidupan ini dipengaruhi juga oleh orang atau pelaku yang mengeluarkan kata-kata bijak ini. Pada jamannya dan bahkan sampai sekarang, Konfusius diakui sebagai orang yang sangat bijak. Buku-bukunya, juga kata-katanya menjadi pedoman banyak orang. Dan efek hipnotis dari seorang Konfusius ini tentu saja sangat berpengaruh besar untuk memasukan pesan ke dalam pikiran bawah sadar setiap orang yang mendengarkan atau membaca bukunya.

5.Pengalaman Adalah Guru Yang Terbaik

pengalaman adalah guru terbaik

Makna dari kata-kata bijak kehidupan di atas adalah kita bisa mengambil setiap hikmah dari setiap pengalaman yang kita dapat. Pengalaman apapun itu, baik ataupun buruk dapat memberikan hikmah positif untuk menjalani hidup lebih baik lagi. Dengan adanya pengalaman dari suatu kejadian, maka apabila kejadian tersebut terulang kembali, seseorang dapat mengatasinya atau membuat hasil dari kejadian tersebut lebih baik dari sebelumnya.

Efek hipnotis yang berhubungan dengan kata-kata bijak kehidupan di atas, yaitu berhubungan dengan pengalaman. Pengalaman itu sendiri disimpan di dalam pikiran bawah sadar seseorang. Dan pengalaman yang memiliki emosi yang intensitasnya tinggi tentu saja mampu menghipnotis pikiran bawah sadar seseorang dan menjadi program dalam pikiran bawah sadar orang tersebut.

Pengalaman adalah suatu kejadian yang terjadi dalam kehidupan di masa lalu seseorang. Pengalaman bisa menjadi pemicu emosi yang sama apabila pengalaman tersebut terulang kembali. Pengalaman yang baik apabila terulang kembali dalam kehidupan orang tersebut akan menguatkan emosi positf dari orang tersebut. Begitu pula pengalaman yang buruk, bisa menguatkan emosi negatif apabila terjadi terus menerus. Oleh sebab itu, untuk mencegah terjadi emosi negatif menetap di dalam pikiran kita, maka di setiap pengalaman, baik atau buruk, setiap  orang wajib memaknainya sebagai guru sehingga selalu mendapatkan hikmah yang positif dan memunculkan emosi yang positif. Dengan selalu memunculkan emosi positif, maka dengan sendiri tercipta program pikiran bawah sadar yang positif pula.

6.Tangan Di Atas Lebih Baik Daripada Tangan Di Bawah

Tangan Di Atas Lebih Baik Daripada Tangan Di Bawah

Kata-kata bijak kehidupan di atas pun cukup terkenal di masyarakat Indonesia. Pesan dari kata-kata bijak kehidupan di atas, yaitu lebih baik kita memberi bantuan pada orang lain dari pada meminta bantuan dari orang lain. Memberi mempunyai makna bahwa kita mampu, dan bisa membagikan bantuan pada orang lain, sedangkan meminta bantuan, menunjukan ketidakmampuan.

Efek hipnotis dari kata-kata bijak kehidupan di atas, yaitu secara turun temurun masyarakat Indonesia dihipnotis untuk mampu dalam segala hal kehidupan, baik ekonomi, sosial, maupun dalam ilmu pengetahuan. Hipnotis dari kata bijak kehidupan di atas ini mendorong masyarakat Indonesia untuk terus maju, menjadi lebih baik,menjadi lebih pintar dan menjadi lebih mampu.

Enam kata-kata bijak kehidupan di atas tentu saja sudah sangat terkenal di telinga kita, dan bahkan mungkin pernah diucapkan oleh orang tua ataupun guru kita. Alasan kata-kata bijak kehidupan tersebut masih terdengar sampai saat ini karena manusia sampai saat ini menerima  dan cocok dengan makna dari kata-kata bijak kehidupan di atas sehingga tanpa disadari masuk ke dalam pikiran bawah sadar setiap generasi untuk selalu diturunkan. Proses masuk ke dalam pikiran bawah sadar dan menjadi program di dalam pikiran bawah sadar tersebut dinamakan hipnotis.

Jadi, ternyata sampai saat ini kita pun bisa dihipnotis oleh kata-kata bijak kehidupan. Walaupun begitu hipnotis yang terjadi adalah hipnotis yang positif, dapat membantu manusia untuk termotivasi menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Blog

Leave a Reply

Leave a Reply