Ibu Hamil Wajib Baca: Cara untuk Mengendalikan Emosi Negatif di Masa Kehamilan

Ibu Hamil Wajib Baca: Cara untuk Mengendalikan Emosi Negatif di Masa Kehamilan

Aneka emosi negatif hanya akan meracuni hidup Anda. Sayangnya, emosi yang campur aduk ini cukup sering mendera ibu hamil dan bahayanya bisa memengaruhi janin. Dua hal ini bisa meredam emosi negatif Anda semasa hamil:

Stay Positive!
Penting sekali mem-booster mood Anda dengan berbagai cara, seperti membaca buku yang bisa membuat Anda merasa lebih rileks, melakukan meditasi, menekuni hobi, atau melakukan kegiatan menyenangkan apapun selama bisa membuat Anda tetap gembira dan positif! Tak jarang, aneka kekhawatiran atau ketakutan yang tak beralasan membuat Anda merasa galau. Bila ini terjadi, berbagilah dengan suami, ibu, atau sahabat-sahabat agar Anda merasa lebih lega. Tapi, ingat, lho, pilih lingkungan yang akan membuat Anda merasa dikelilingi oleh orang-orang yang positif sehingga semangat positif mereka ikut menular pula pada Anda. Mereka yang cenderung sinis atau memandang berbagai hal dalam hidup ini dari sisi yang negatif bisa membuat mood Anda turun dan ikut  menjadi bete.

Mengelola Stres
Banyak hal dengan mudah bisa membuat Anda merasa stres. Pekerjaan kantor yang tak kunjung selesai, atasan yang sangat menuntut, hubungan dengan teman yang sedang tidak harmonis, kondisi keuangan yang sedang menurun, hingga masalah di keluarga besar yang ikut bikin pusing kepala. Dengan tubuh yang sedang berubah, Anda cenderung lebih sensitif sehingga hal-hal itu dengan mudah membuat emosi Anda tersulut atau memicu stres. Tarik napas dalam-dalam, Ma. Sadari bahwa stres hanya akan berdampak negatif bagi tubuh Anda, membuat tekanan darah meningkat, dan dalam keadaan parah bisa menyebabkan kelahiran prematur.

Stres yang tinggi atau berlebihan bisa mengekspos janin dengan kadar hormon stres yang tidak sehat. Apa akibatnya? Bisa memengaruhi perkembangan otaknya. Untuk itu, cermati kembali semua penyebab stres, lalu pilah mana yang harus segera diatasi, mana yang tidak perlu dipikirkan, atau mana yang bisa ditunda dulu. Pastikan agar semua itu bisa Anda lakukan tanpa mengambil waktu-waktu yang Anda perlukan untuk diri sendiri, baik untuk bersantai, memanjakan diri, atau bersosialisasi.

Disadur dari : parenting.co.id

Blog

Leave a Reply

Leave a Reply