CARA MENGHILANGKAN KETAKUTAN BERBICARA DI DEPAN UMUM

CARA MENGHILANGKAN KETAKUTAN BERBICARA DI DEPAN UMUM

8Beberapa waktu ini kami mengadakan group therapy ”Mudah Berucap” untuk orang-orang yang sulit berbicara didepan umum, jika dilihat klien therapy yang datang rata-rata berpenampilan menarik dan lancar sekali berbicara dengan klien yang lain sebelum kelas dimulai. Tetapi ketika diminta memperkenalkan diri satu persatu kedepan mulai terlihat perubahan-perubahan seperti suara yang mengecil, gesture badan yang tidak nyaman, menunduk, bahkan ada yang sedikit gemetar.

Ketika ditanya rata-rata klien sudah banyak membaca buku tentang public speaking, melihat gaya pembicara di youtube dan usaha-usaha lainnya tetapi tetap tidak bisa berbicara dengan baik di depan umum, jadi apa masalah sebenarnya?

Sharing selama kelas berlangsung sih bermacam-macam penyebab yang diungkapkan, diantaranya takut salah, tidak percaya diri, takut dinilai jelek oleh orang lain, gak tau mau ngomong apa, dan lupa ditengah pembicaraan.

Menurut Saya dari semua masalah yang ada hanya ada 2 masalah utama yang membuat kita sulit untuk berbicara didepan umum:

  1. Ingin terlihat sempurna
  2. Tidak menguasai materi yang akan disampaikan

Mari kita bahas kedua masalah diatas:

Ingin terlihat sempurna merupakan kendala yang sangat besar dalam public speaking, membuat kita tidak menjadi diri sendiri, sulit fokus terhadap audience dan  materi yang ingin disampaikan, hal ini juga membuat kita sangat tidak nyaman berdiri didepan orang banyak untuk berbicara.

Tidak menguasai materi pun menjadi hal yang bisa membuat kita menjadi pembicara publik yang buruk,karena apa yang mau disampaikan jika materi saja tidak dikuasai?

Didalam group therapy “Mudah Berucap” anggota group akan diajarkan teknik-teknik untuk menjadi pembicara yang disukai audience tetapi yang paling penting adalah group mendapatkan terapi pikiran agar dapat menghilangkan ketakutan berbicara didepan umum sehingga berbicara didepan umum menjadi semudah bernafas.

Blog

Leave a Reply

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *