Cara Mendidik Anak yang Baik dengan Mengerti Dirinya

Cara Mendidik Anak yang Baik dengan Mengerti Dirinya

Kita semua tahu bahwa setiap anak berkembang dengan langkah mereka sendiri dan  membandingkan perilaku dan pertumbuhan anak dengan anak-anak lain pada usia yang sama adalah hal yang tidak berguna. Tapi sebagai orang tua, biasanya kegiatan itu tetap saja kita lakukan dan itu hal yang sangat sulit untuk dihentikan oleh sebagian orang. Saat kita melihat anak usia dua tahun di atas meja seni menciptakan karya seni yang indah, saat itu juga kita akan membandingkan anak kita sendiri yang hanya bisa mencorat-coret kertas atau media lainnya. Atau ketika berada di perpustakaan kita melihat anak balita sudah bisa membaca buku bacaan yang cukup rumit untuk seusianya, saat itu pula kita akan membandingkan dengan anak kita sendiri yang hanya membaca dongeng-dongeng biasa. Inilah sifat manusia yang suka membandingkan dan menjadikan orang lain sebagai patokan untuk mengukur perkembangan anak kita dan menjadi ukuran prestasi kita dalam mendidik anak. Namun disisi lain, hal itu juga menjadi sumber kebanggaan jika perkembangan anak kita melampaui orang lain, dan dalam waktu yang bersamaan itu pun akan menjadi sumber kekhawatiran jika perkembangan anak kita dibawah kemampuan anak-anak lain pada umumnya.

Dua faktor penting untuk diingat:

  1. Setiap anak adalah berbeda
  2. Setiap anak berkembang secara berbeda

Sudut Pandang yang Harus Diperhatikan Orang Tua dalam Melihat Perbedaan Setiap Anak

  • Anak berkembang pada tingkat yang berbeda

Setiap anak akan mengalami perkembangan yang berbeda sehingga membandingkan anak satu dengan yang lainnya sangat tidak realistis. Jalan mereka untuk berkembang sangatlah bervariasi ada yang cepat, ada yang jauh tertinggal, dan ada pula yang tepat pada pertumbuhan dan perkembangan usianya. Dengan bimbingan dan pola asuh yang tepat pada akhirnya setiap anak akan mencapai titik tumbuh kembang yang diharapkan.

  • Anak-anak memiliki kekuatan dan bakat yang berbeda

Yang anda harus lakukan sebagai orangtua adalah fokus pada kepentingan dan kebutuhan anak anda sendiri, meningkatkan kepercayaan diri mereka dan terus membimbing dan menunjukan arah kepada mereka. Berkonsentrasilah pada apa yang membuat mereka senang dan membiarkan mereka tahu betapa istimewanya mereka. Contohnya jika anak suka sepak bola masukan dia ke sekolah sepak bola sehingga mereka dapat berada di sekitar anak-anak yang mempunyai minat yang sama

  • Jangan menaruh harapan yang tidak realistis pada anak

Kita semua ingin anak-anak kita untuk tumbuh menjadi seorang dokter, ahli syaraf, professor, tetapi hal itu terkadang tidak sesuai dengan minat dan kondisi anak. Anda perlu menyesuaikan harapan anda dengan kondisi anak, jangan sampai nanti pada akhirnya anak anda akan menyerah dan gagal karena tidak sesuai dengan apa yang anda harapkan.

  • Yakinkan diri sendiri bahwa anda adalah orang tua yang baik

Jangan merasa dihakimi oleh orang lain. Orangtua yang berusaha dengan maksimal belum tentu akan mendapatkan hasil yang sama dari satu anak dengan anak yang lainnya, walaupun dia mendidik ke semua anak kandungnya. Semua anak memiliki kekuatan dan kelemahan yang berbeda, tetapi pada akhirnya tujuan yang paling penting adalah kebahagiaan dan perkembangan anak anda. Semua prestasi besar membutuhkan waktu, dan setiap anak mempunyai waktunya masing-masing

Sudut Pandang yang Harus Diperhatikan Guru dalam Melihat Perbedaan Setiap Anak

  • Setiap anak adalah istimewa

Setiap anak terlahir dengan membawa keistimewaannya masing-masing, dengan kombinasi yang unik dari kemampuan dan kebutuhan yang mempengaruhi belajar. Dan semua anak berhak mendapat kesempatan untuk belajar dengan cara yang mendukung kelebihan mereka dan membantu mereka mengatasi kelemahan mereka

  • Beberapa anak mudah belajar secara visual

Seorang anak dapat dengan mudah belajar dengan cara visual. Mereka mungkin dapat menggambar dengan baik, penggunaan garis, bentuk, dan warna untuk mengkomunikasikan ide-idenya. Menggambar, melukis, diagram, pemetaan, mungkin cara yang baik untuk anak ini menunjukan dirinya yang terbaik. Menampilkan gambar atau grafik adalah cara terbaik untuk membantunya belajar.

  • Beberapa anak mudah belajar dengan gerakan

Beberapa anak belajar dengan bergerak. Anak seperti ini bisa belajar langkah tari dalam beberapa detik, atau mengekspresikan dirinya sebagai peniru yang handal.

  • Beberapa anak menghadapi kendala khusus

Seorang anak mungkin memiliki kekurangan yang membuat dia kesulitan belajar, seperti kesulitan memegang, kurang dalam pendengaran atau tidak bisa mengucapkan kata-kata dengan benar.

Sebagai guru, kita dapat memperhatikan siswa yang menghadapi tantangan khusus dan menemukan cara untuk membantu mereka. Kita dapat menggunakan kreatifitas kita untuk menjadi kelas yang memberikan kesempatan bagi setiap anak dengan karakteristiknya masing-masing. Dengan menciptakan berbagai cara untuk mengeksplorasi subjek untuk mengekspresikan dirinya, kita selaku pendidik memberikan kesempatan yang sama kepada semua anak.

 Keunikan masing-masing anak berbeda

Setiap anak adalah individu dengan kualitas sosial, emosional, intelektual, dan fisik khusus. Mereka adalah individu yang berbeda, setiap anak adalah individu yang unik dalam setiap pertumbuhan dan perkembangannya. Mereka berkembang dan mempunyai karakteristik dari setiap tahapan usia tertentu. Hal inilah yang harus dipahami oleh orang tua dan guru mereka dalam keunikan mereka dan mereka haruslah dihormati secara individual.

Misalnya di dalam suatu kelas anak umur tujuh tahun tidak semua dari tujuh tahun itu akan membaca tepat pada tingkat kemampuan yang sama. Mereka juga akan berbeda dalam cara memahami dan memecahkan masalah pada pelajaran matematika atau sains. Mereka akan memiliki kepribadian yang berbeda, beberapa ada yang pemalu, beberapa  ada yang percaya diri, ada yang tenang, ada yang aktif. Mereka masing-masing akan memiliki pengalaman hidup mereka sendiri dan perasaan tentang diri mereka sendiri. Mereka akan memiliki orang-orang yang suka dan tidak suka terhadap mereka, mereka akan menjadi penting atau tidak penting untuk orang lain.

Namun, ini tidak berarti bahwa guru harus mempersiapkan pelajaran untuk setiap anak yang berbeda dalam satu kelas yang sama. Sebaiknya guru harus mampu mengenal dan memahami setiap anak dan mempersiapkan kegiatan belajar mengajar yang akan merangsang, merespon dan mencerminkan kebutuhan-kebutuhan individu anak. Berikan anak-anak kegiatan secara individu atau secara mandiri, kegiatan di kelompok kecil atau kelompok yang besar, kegiatan tersebut akan sangat bermanfaat bagi anak-anak untuk berkembang dalam cara mereka sendiri. Disinilah peran guru sangatlah penting dimana guru harus tahu setiap anak dan melacak seberapa baik setiap anak mampu belajar.

Blog

Leave a Reply

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *