Cara Cantik yang telah dipakai Artis Dunia

Cara Cantik yang telah dipakai Artis Dunia

Hari Perempuan Internasional dirayakan pada tanggal 8 Maret setiap tahunnya, sehubungan dengan Hari Perempuan Internasional penulis ingin membahas tentang Brain, Beauty and Behavior.

 Tiga kata diatas pasti sudah tidak asing ditelinga kita terutama Perempuan/wanita.  Tiga kata tersebut juga sering kita dengar saat ajang pemilihan Putri Indonesia maupun juga Miss Universe.

Brain, Beauty, and behavior merupakan konsep lama yang sering digunakan orang untuk mengukur performa individu.  Maka, dalam setiap beauty contest, seperti  Putri Indonesia, Miss universe dll  standar ini selalu menjadi acuan.

Menjadi cantik, mempesona, cerdas dan berkarisma merupakan idaman dan impian setiap wanita. Banyak wanita yang rela merogoh koceknya lebih dalam untuk mendapatkan predikat  “Beauty” bagaimana dengan “Brain” dan “Behavior” –nya ???   Walaupun bagaimana upaya mempercantik diri sudah dilakukan wanita dengan maksimal, tetapi jika perasaan ketidaksempurnaan menjadi semakin besar seperti perasaan galau dan hampa serta kurangnya rasa percaya diri merupakan suatu gangguan yang tidak boleh diabaikan karena sebenarnya itu semua merupakan buah dari pikiran negative.

Mempercantik diri sesungguhnya bukan semata-mata pada kecantikan lahiriah, tetapi juga senantiasa meningkatkan keseimbangan antara pikiran, tubuh dan jiwa, jadi kecantikan harus bersifat holistic atau menyeluruh, tidak sebatas merawat keindahan tubuh, tetapi kombinasi dari kecantikan tubuh, paras, pikiran dan bathiniah.

Kecantikan holistic kelak menopang rasa percaya diri, meningkatkan pola pikir yang dasyat, serta mampu mengendalikan masalah pada kondisi sesulit apapun.

 Lalu apa saja kriteria yang harus dipenuhi agar seseorang wanita layak menyandang kata cantik menyeluruh (holistic) ?

1.Fisik

Bukan hal yang aneh ketika seseorang jatuh cinta, pasti terpana oleh semua hal yang terlihat secara fisik. Cantik ragawi menduduki peringkat pertama yang harus diperhatikan bagi kaum wanita. Dalam konteks ini, kecantikan fisik tidaklah harus seperti Elvira Devinamira Wirayanti pemenang kontes Puteri Indonesia 2014 atau artis/model yang mempunyai mata yang elok, hidung yang mancung, pipi yang tirus, tubuh yang molek, leher yang jenjang dan kaki yang panjang. Kecantikan fisik bisa didapat dengan merawat diri dan menjaga kebersihan. Dua hal ini bukanlah hal yang susah maupun mahal.

Selain itu seseorang wajib menerima kondisi fisik yang Tuhan anugerahkan sehingga mampu bersyukur dan akhirnya akan membantu memunculkan kecantikan lainnya, termasuk kecantikan psikis.

2.Kepribadian

Kecantikan lain yang muncul bagi pribadi yang penuh rasa syukur adalah kecantikan psikis yang membentuk kepribadian dan mental yang tangguh. Sikap mental yang selalu positif, matang dalam berfikir, bertanggung jawab, dan mampu mengendalikan diri merupakan cerminan pribadi yang kuat, yang terikat erat dengan kematangan emosional.

3.Independen

Kemandirian mampu membina mental dan kepribadian wanita menjadi kuat, tegar serta bermanfaat bagi lingkungannya. Kemandirian juga dapat menciptakan daya saing yang hebat, daya tahan mental yang kuat serta memerdekakan diri dari tekanan psikis lingkungan.

4.Spiritual

Kecerdasan spiritual seseorang mampu menggiring pola pikir seorang wanita menjadi hebat dan mulia.  Mampu membentengi diri dari hal-hal yang menyimpang dari norma-norma agama. Kecerdasan spiritual mampu membuat seseorang berfikir rasional, terlepas dari perbuatan criminal serta prilaku yang dapat merusak martabat dirinya.

5.Harmoni

Rangsangan harmoni menjadi penutup yang akan menyempurnakan kecantikan wanita. Rangsangan Harmoni yang dimiliki seorang wanita akan melahirkan keluwesan bergaul. Keterampilan ini mampu menyempurnakan aspek-aspek yang dimiliki dalam diri seorang wanita. Kecerdasan rangsangan harmoni sangat diperlukan untuk menghasilkan sosok wanita yang sempurna, cantik, komunikatif dan luwes dalam membina hubungan antarmanusia.

Beauty is something that can be appreciated by others. You are born with a certain shape of face or body. There is only a certain amount you can do to make them more beautiful. But there is very much more that you can do to make your brain and behavior more beautiful. (Bono, 2004)

Blog

Leave a Reply

Leave a Reply