Cara Belajar otak kiri dan otak kanan

Cara Belajar otak kiri dan otak kanan

Anda  mungkin pergi ke tempat fitness untuk melatih otot-otot Anda. Atau Anda berjalan-jalan di luar untuk melatih daya tahan tubuh Anda. Tetapi apakah Anda pernah Asah otak Anda, karena otak Anda adalah salah satu bagian dari tubuh Anda? Padahal mungkin Anda tahu otak Anda adalah pengendali seluruh kehidupan Anda.

Ternyata otak Anda pun perlu latihan, dan apabila otak Anda terlatih, Anda mendapatkan keuntungan-keuntungan seperti :

  1. Menghindari situasi memalukan seperti : “Saya ingat wajah Anda, tapi siapa ya nama Anda?
  2. Menjadi seorang pembelajar yang cepat dalam mempelajari berbagai macam keterampilan yang berbeda: “halo promosi, aku datang!”
  3. Menghindari penyakit yang melanda saat usia bertambah: “tidak terima kasih Alzheimer, Anda dan saya tidak cocok.”

Jadi bagaimana Anda melatih otak Anda untuk bekerja lebih cepat dan mempunyai ingatan yang kuat? Nah, inilah 8 cara Asah  Otak agar berfungsi lebih baik dan mempunyai ingatan yang kuat :

  1. Latih dan Pekerjakan Ingatan Anda.

Twyla Tharp, seorang koreografer terkenal datang pada suatu pertunjukan dan dia melakukan latihan ingatan. Dia mencoba untuk mengingat 12-14 kesalahan awal yang terjadi, dan dia ingin mendiskusikan dengan para pemain tanpa menuliskannya. Jika Anda pikir ini adalah sesuatu yang kurang dari sebuah prestasi, silakan Anda berpikir lagi, karena di dalam bukunya The Habit Creative, dia mengatakan bahwa kebanyakan orang tidak bisa mengingat lebih dari tiga ingatan secara tepat.

Latihan otak dengan cara mengingat suatu peristiwa atau hal-hal lain dan kemudian mendiskusikannya dengan orang lain sebenarnya telah teliti dan didukung oleh studi kebugaran otak.  Kegiatan melatih ingatan melibatkan semua tingkatan otak, yaitu  bagian penerima, bagian pengingat,dan bagian pemikir, kesemuanya itu meningkatkan fungsi otak.

Sekarang, Anda mungkin tidak memiliki penari hitung kesalahan koreografernya, tapi Anda mungkin diminta untuk memberikan umpan balik pada sebuah presentasi, atau teman-teman Anda mungkin bertanya apa hal-hal menarik yang Anda lihat di museum yang anda kunjungi. Ini adalah peluang besar untuk praktis melatih otak Anda, berpikir dan meregangkan otot-otot memori Anda.

Sebuah pertanyaan sederhana, “Apa cara paling sederhana untuk membantu diri sendiri mengingat apa yang Anda lihat?” jawabannya adalah  pengulangan. Contohnya, saat Anda hanya bertemu dengan seseorang yang baru.

Teman Anda berkata, “Hai, nama saya George”

Yang harus Anda lakukan jangan hanya menanggapi dengan, “Senang bertemu Anda”. Sebaliknya, katakanlah, “Senang bertemu Anda George.”. dan setiap kali bertemu dengan kenalan Anda, gunakan nama pada sapaan Anda.

  1. Lakukan Sesuatu yang Berbeda Berulang Kali

Dengan benar-benar melakukan sesuatu yang baru lagi dan lagi, ada kabel baru pada  otak Anda yang membantu Anda melakukan hal-hal baru berikutnya dengan lebih baik dan lebih cepat.

Pikirkan kembali ketika Anda berumur tiga tahun. Anda pasti tidak cukup kuat untuk menahan pisau dan garpu saja. Namun, ketika Anda sedang makan sendirian, Anda menciptakan kekacauan. Ini bukan soal kekuatan, namun soal pembentukan jalur saraf baru yang nantinya akan membantu Anda makan sendiri seperti orang dewasa. Dan dengan cukup pengulangan Anda membuat itu terjadi!

Tapi bagaimana hal ini terjadi pada hidup Anda sekarang? Katakanlah Anda suka menunda-nunda. Semakin Anda tidak menunda-nunda, semakin Anda mengajarkan otak Anda untuk tidak menunggu menit terakhir untuk membuat sesuatu terjadi. Sekarang, Anda mungkin berpikir “Duh, kalau saja tidak menunda-nunda bisa semudah itu!” Yah, itu bisa. Dengan melakukan sesuatu yang sangat kecil, yang berbeda, dan mengunakan pikiran  untuk menyelesaikan tugas itu, Anda akan mulai membuat jalur saraf baru yang berharga.

Jadi contoh tindakan sederhana yang mungkin bisa Anda lakukan hanyalah  seperti mengambil satu kertas di sebuah meja dan segera memasukannya ke dalam tempat yang tepat, mungkin sebuah kotak, atau tempat sampah, atau lemari atau mungkin memberikannya pada orang lain. cukup tindakan sesederhana itu. Namun tindakan itu dilakukan dengan segera, dan Anda langsung berpikir apa yang akan Anda lakukan. Itulah cara kecil yang dapat Anda mulai. Jalur saraf mulai dibangun dan secara bertahap, dan Anda akan mengubah diri Anda dari suka menunda-nunda menjadi seorang yang sigap.

 

  1. Pelajari sesuatu yang baru.

Ini mungkin terdengar jelas, tetapi semakin Anda menggunakan otak Anda, semakin baik otak Anda bekerja . Misalnya, belajar alat musik baru meningkatkan keterampilan Anda dalam menerjemahkan sesuatu yang Anda lihat (lembaran musik) dan diimplementasikan dalam praktik (bermain instrumen). Atau contoh berikut, belajar bahasa baru dapat membuat otak Anda berpikir dengan cara yang berbeda, cara yang berbeda untuk mengekspresikan diri.

Anda benar-benar dapat mengambil langkah lebih lanjut, salah satunya belajar menari, baik tari tradisional ataumodern dance. Studi menunjukkan bahwa belajar tari dapat mencegah Alzheimer  karena merangsang pertumbuhan otak.

  1. Ikuti Program Pelatihan Otak

Dunia internet dapat membantu Anda meningkatkan fungsi otak saat Anda malas dan duduk di sofa Anda. Sebuah program klinis seperti senam otak dapat membantu Anda meningkatkan ingatan Anda, atau membuat Anda dapat berpikir lebih cepat.

  1. Latih tubuh Anda.

Pasti Anda tahu ynag dimaksud dengan yang satu ini.  Ya, memang, olahraga bagi tubuh Anda. Olah raga tidak hanya bekerja tubuh Anda tetapi sekaigus juga meningkatkan kebugaran otak Anda.

Bahkan berolahraga sebentar saja selama lebih kurang 20 menit, dapat memfasilitasi fungsi pengolahan informasi dan memori. Tapi itu bukan hanya itu, latihan olah raga yang teratur benar-benar membantu otak Anda dalam menciptakan hubungan-hubungan saraf baru dengan lebih cepat. Anda akan belajar lebih cepat, tingkat kewaspadaan Anda akan meningkat, dan Anda mendapatkan semua dengan menggerakkan tubuh Anda.

Sekarang, jika Anda sudah tidak berolahraga secara teratur, dan merasa bersalah bahwa Anda tidak membantu otak Anda dengan berolahraga lebih, cobalah program latihan otak seperti yang kita bahas di poin 2. Dengan melatih otak Anda untuk melakukan sesuatu yang baru berulang kali, Anda benar-benar mengubah diri Anda secara permanen.

  1. Luangkan waktu bersama orang yang Anda cintai.

Jika Anda ingin kemampuan kognitif yang optimal, maka Anda harus memiliki hubungan yang bermakna dalam hidup Anda. Berbicara dengan orang lain dan terlibat dengan orang yang Anda cintai membantu Anda berpikir lebih jernih, dan juga dapat meningkatkan suasana hati Anda.

Jika Anda adalah seorang ekstrovert, ini berlaku lebih bagi Anda. Pada sebuah kelas di Stanford University dikatakan saat seorang yang ekstrovert berkomunikasi dengan orang lain, ia benar-benar mengunakannya sebagai cara untuk memahami dan memproses pikiran mereka sendiri. Mereka melatih pikirannya saat berkomunikasi.

  1. Hindari teka-teki silang.

Banyak dari kita, ketika kita berpikir tentang kebugaran otak, kita perlu mengerjakan  teka-teki silang. Namun ternyata studi menunjukkan bahwa melakukan hal tersebut tidak melatih otak Anda. saat melakukan teka-teki silang, apakah Anda senang? Iya. Tapi apakah teka-teki silang mengasah otak Anda? Tidak juga. Tentu saja, jika Anda mengerjakan teka-teki silang untuk bersenang-senang, silakan saja. Namun, jika Anda melakukannya untuk kebugaran otak, maka mungkin sebaiknya Anda memilih kegiatan lain.

 

  1. Makan yang Benar dan Pastikan Dark Chocolate Disertakan

Makanan seperti ikan, buah-buahan, dan sayuran membantu otak Anda untuk tampil maksimal. Namun, Anda mungkin tidak tahu bahwa coklat hitam (Dark Chocolate ) dapat memberikan dorongan baik bagi otak Anda.

Ketika Anda makan coklat, otak Anda menghasilkan dopamine. Dan dopamine membantu Anda belajar lebih cepat dan ingat lebih baik. Belum lagi, cokelat mengandung flavonol, antioksidan, yang juga meningkatkan fungsi otak Anda. Jadi lain kali Anda bingung untuk melakukan sesuatu yang sulit, pastikan Anda menggigit dua cokelat hitam.

Sekarang Anda tahu cara untuk melatih otak Anda. Inilah saatnya untuk mulai melakukannya Jangan hanya membaca artikel ini dan kemudian melanjutkan hidup Anda seolah-olah tidak ada yang berubah. Tempatkan pengetahuan ini ke dalam tindakan dan jadilah lebih pintar dari sebelumnya!

Blog

Leave a Reply

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *