7 Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Kreativitas Anda

7 Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Kreativitas Anda

Pada zaman sekarang ini sebuah informasi mudah didapatkan. Misalkan Anda mau pergi kesebuah tempat, pasti informasi itu bisa dicari, baik melalui dunia yang nyata bertanya pada orang, ataupun dunia maya melalui internet. Dengan adanya kebutuhan akan informasi itu,pasti akan muncul sesuatu yang baru untuk kita pelajari. Penemuan-penemuan baru mulai ditemukan dan perlu dicari lebih rinci mengenai informasinya.Dalam dunia internet siapa yang tidak tahu dengan wikipedia. Sebuah ensiklopedia elektronik yang berisi berbagai pengetahuan dari seluruh dunia. Dengan membuka situsnya,Anda dapat mencari berbagai macam informasi yang penting, dan tentunya mudah dancepat.

Namun pengetahuan-pengetahuan yang sudah Anda temukan apakah dapat Anda simpan dengan cukup lama di dalam ingatan Anda ? Apakah informasi itu bisa bertahan di otak Anda ? Tentunya Anda perlu melatih otak Anda agar memiliki ingatan yang kuat sehingga pengetahuan-pengetahuan yang ada tetap bertahan di pikiran Anda.Ingatan kuat memang penting, akan tetapi mampu berpikir kreatif juga merupakan hal yang penting di dalam hidup. Kombinasi yang seimbang dari memiliki ingatan yang kuat dan pikiran yang kreatif mampu menciptakan diri Anda yang produktif.

Berikut ini 7 cara sederhana dan efektif untuk meningkatkan daya ingat sekaligus kreativitas Anda :

1. Buat Otak Bekerja dan Lebih Aktif Dipergunakan

Seorang binaragawan untuk mendapatkan badan yang besar tentu saja tidak hanya duduk atau diam saja? Tentu saja tidak, binaragawan tersebut harus berlatih beban, mengangkat beban besi dan untuk menyeimbangkan berat badannya seorang binaragawan tentu harus makan dengan teratur agar tubuh dan otot-otot mereka menjadi postur tubuh binaragawan yang ideal. Sama halnya dengan otak Anda, perlu terus dilatih berpikir agar otak anda tetap tumbuh dan berkembang.

Jadi bagaimana cara sederhana untuk melatih otak Anda ?

Sederhana sekali, Anda bisa menggunakan dua cara, yang pertama pakailah selalu otak Anda. Gunakan otak Anda untuk selalu berpikir mencapai solusi dalam setiap masalah di kehidupan Anda. Jangan biarkan otak Anda malas, tidak mau berpikir, hanya mau santai dan mungkin saja menuruti apapun yang dikatakan orang lain pada Anda.Cara yang kedua juga sederhana, yaitu latihan otak dengan cara menggunakan beberapa permainan yang merangsang latihan otak. Contoh permainan ini banyak didapatkan di buku-buku yang berjudul brain gym, dapat Anda beli di toko buku terdekat Anda, kemudian Anda ikuti petunjuk melatih otak Anda. Atau yang lebih mudah lagi, apabila Anda mempunyai internet, Anda dapat menemukan aplikasi-aplikasi untuk melatih otak Anda di Google ataupun SmartPhone Anda. Ikuti dan mainkan saja, pasti otak Anda akan terlatih dengan sendirinya. Namun, harus tetap diingat, aplikasi ini hanya untuk melatih otak Anda, jadi Anda beri batasan waktu untuk memainkannya, misal 1 jam sehari, jadi Anda tidak kecanduan dan justru menghambat aktivitas Anda yang lain.

2. Menghitung Domba

Percaya atau tidak, menghitung beberapa hewan dan mengejar domba di pikiran kita adalah cara termudah untuk meningkatkan kesehatan mental Anda. Mengapa bisa begitu ? Jawabannya adalah bisa karena Anda melatih fokus Anda secara berurutan.

Dengan melatih otak Anda dengan menghitung secar berurutan, Anda dapat melatih fokus dalam mengingat informasi lebih lanjut. Namun efektifitas latihan ini akan lebih baik apabila disertai cukup tidur secara teratur. Apabila Anda cukup tidur, Anda dengan mudah menerima dan menanggapi suatu informasi dengan tepat dan benar, karena otak Anda punya waktu untuk beristirahat sejenak.

3. Lepaskan Stress Sejenak

Dalam hidup kita masalah datang silih berganti sehingga seringkali kita tidak punya waktu untuk mengistirahatkan otak kita. Stress akibat masalah yang ada memaksakan otak bekerja terus menerus. Dan apabila otak bekerja terus menerus hasilnya justru membuat otak kita lelah, pusing dan menurukan fokus dan ingatan kita.Ada baiknya, sempatkan waktu untuk keluar dari stress pikiran kita sejenak. Jalan-jalan bersama keluarga ataupun sekedar bersantai nonton tv di rumah bisa membantu Anda untuk melepaskan stress sejenak. Dengan mellepaskan stress kita sejenak, pikiran kita bisa beristirahat dan pada saatnya nanti dipakai kembali, otak kita bisa lebih Fresh sehingga bisa meningkatkan kemampuan mengingat dan berkreativitas.

4. Bergerak

Ya, berjalan tidak hanya membuat Anda lebih sehat Secara fisik dan mental ,tetapi cara Ini sangat membantu bagi seorang penulis dalam memacu kreativitas atau daya cipta! Seorang dokter dan seorang profesor melakukan sebuah tes dan menemukan bahwa sekitar enam puluh persen orang yang bergerak memiliki pemikiran kreatif yang cukup tinggi pada kegiatan pola pikirnya dibandingkan dengan orang-orang yang berpikir sambil duduk.

Ternyata dengan berpikir sambil berjalan, otak juga beraktifitas (bergerak). Ketika Anda berjalan, maka jantung Anda melakukan aktifitas memompa darah dan oksigen dengan cepat serta mengirimkan keseluruh organ tubuh. Otak Anda dan semua organ tubuh lainnya mendapatkan dosis tambahan oksigen. Dengan melakukan aktifitas berjalan sangat membantu untuk membuat jaringan baru antara sel-sel otak dan meningkatkan kapasitas daya ingat otak Anda.

5. Memainkan sebuah lagu

Bisa dikatakan saat ini bahwa bermusik dapat meningkatkan kreativitas dan d mental

seseorang. Untuk siapa pun, usia berapa pun dan kapan pun musik dapat meningkatkan kreativitas seseorang. Mungkin Anda pernah mendengar tentang musik klasik di dengarkan pada saat Anda mengerjakan kuis matematika dan sains. Menurut pendapat Einstein bahwa yang dilakukan itu benar dan itu merupakan ide yang baik! Hal ini dibenarkan karena saat mendengarkan musik klasik menggunakan otak kanan dan saat mengambil tes matematika menggunakan otak kiri sehingga melakukan keduanya sekaligus membantu menghubungkan dua belahan otak. Mendengarkan musik klasik juga meningkatkan keterampilan kognitif untuk hubungan, sehingga dasar otak Anda mendapatkan dorongan untuk berinteraksi.

6. Tersenyum

Belajarlah untuk memaafkan masa lalu. Ingatlah bahwa otak kita sudah banyak menerima kumpulan permasalahan, dan tidak mungkin otak kita terus menerima dan mengingat masa lalu lagi. Secara pribadi, saatnya untuk kreatif agar kita dapat mengikuti perkembangan dunia saat ini, dan harus belajar bagaimana cara berpikir untuk melupakan masa lalu. Salah satu cara yang efektif untuk memaafkan dan melupakan masa lalu adalah tersenyum. Tersenyum membuat otak Anda memprogram keluarnya hormon-hormon kegembiraan.Dan hormon-hormon ini memicu kebahagiaan Anda sehingga kreativitas Anda untuk berpikir keluar. Dan tentunya ingatan-ingatan Anda pun dapat muncul dengan baik saat Anda memerlukannya.

7. Melukis atau Menggambar

Melukis atau menggambar adalah salah satu aktivitas yang baik bagi otak Anda untuk meningkatkan kreativitas dan daya ingat Anda. Dengan melukis dan menggambar Anda menggunakan imajinasi yang berpusat pada otak kanan. Semakin Anda mampu berimajinasi, kreativitas Anda tentu saja semakin keluar dan terasah. Namun yang perlu diperhatikan juga, arahkan imajinasi Anda pada hal yang positif sesuai dengan tujuan Anda.

Demikian 7 Cara meningkatkan daya ingat dan kreatifitas Anda . Luangkan waktu Anda untuk melakukan kegiatan-kegiatan tersebut agar otak Anda dapat terus berkreativitas dan memiliki memori yang baik.

Blog

Leave a Reply

Leave a Reply