6 Tahap Perkembangan Anak yang Harus Diketahui Orangtua

6 Tahap Perkembangan Anak yang Harus Diketahui Orangtua

Proses perkembangan anak dari bulan satu ke bulan berikutnya bervariasi dan tidak selalu sama. Oleh karena itu, orangtua dituntut jeli terhadap setiap tahapan tumbuh kembang anak.

Ada enam tahap tumbuh kembang anak mulai usia 0 hingga 5 tahun yang harus diketahui orangtua.

  1. Usia 0-1 bulan
    Pada usia ini, biasanya bayi lebih banyak tidur. Di saat bersamaan, indra pendengaran, perasa, dan penyentuh sudah mulai berkembang. Saat usia menginjak 2 bulan, mereka akan mulai melihat warna dan mengembangkan berbagai suara. Saat itu pula, mereka akan mulai melihat warna dan mengembangkan berbagai suara. Hal tersebut ditunjukkan dengan seringnya berkedip. Perkembangan setiap anak berbeda-beda. Rata-rata bayi mulai duduk pada usia 6 bulan dan merangkak pada usia 9 bulan.

    2. Usia 1-2 tahun
    Pada usia 1 tahun, anak akan mulai belajar berjalan secara perlahan dan mulai mengenali apa saja yang ada di sekitarnya. Kontrol motorik sudah mulai berkembang. Hal ini ditandai dengan tertariknya mereka pada hal-hal seni.

    “Pada usia ini, terkadang mereka sudah mulai agak bandel, seperti tidak mau mendengarkan perintah terlalu banyak dan sebagainya,” jelas konsultan tumbuh kembang FKUI-RSCM, dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A (K), MPH, dalam seminar kesehatan yang berlangsung di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (16/10/2014)

    3. Usia 18 bulan
    Anak biasanya sudah mantap berjalan dengan kedua kaki. Untuk beberapa anak, mungkin sudah ada yang bisa menendang bola dan mengembangkan kosakata.

    4. Usia 3 tahun
    Mereka sudah bisa naik sepeda roda tiga. Kosakata semakin meningkat, dibarengi dengan kalimatnya yang semakin terstruktur. “Pada usia ini, buku sangat penting karena mereka sudah bisa melihat logika. Akalnya pun sudah mulai jalan,” imbuhnya.

    5. Usia 4 tahun
    Mereka sering merasa ketakutan. Misalnya, takut gelap. Pada usia ini, mereka mulai tertarik untuk berbagi dan bermain dengan anak-anak sebaya.

    6. Usia 5 tahun
    Anak usia ini perkembangan motoriknya semakin meningkat. “Mereka sudah punya rasa penyesalan. Ada baiknya jika mereka diperkenalkan dengan rasa tanggung jawab,” saran dr Bernie.

Disadur dari metrotvnews.com oleh Nia Deviyana

Blog

Leave a Reply

Leave a Reply