5 Cara Efektif dalam Menentukan Tujuan Hidup

5 Cara Efektif dalam Menentukan Tujuan Hidup

Pada umumnya orang memiliki mimpi dalam hidup mereka, sebuah visi untuk melihat akan menjadi seperti siapa atau seperti apa mereka di masa depan. Paling tidak, setiap orang memiliki kepentingan dan nilai-nilai yang menentukan apa yang mereka inginkan dari hidup mereka. Meski begitu, mencoba untuk mengatur tujuan yang ingin dicapai yang ingin anda lakukan untuk selama bertahun-tahun bisa menakutkan. Sulit untuk mengetahui darimana memulainya, dan hal-hal yang ingin anda capai mungkin terlihat mustahil. Tetapi, jika anda mempersiapkan diri dengan baik, anda mungkin dapat menetapkan tujuan hidup anda dan merancang penuntun untuk mengarahkan usaha anda untuk mencapai tujuan tersebut.

Dibawah ini 5 tips bagi Anda dalam Menentukan dan Mencapai Tujuan Hidup Anda :

  1. Pikirkan apa yang anda inginkan

Banyak orang yang samar-samar dengan apa yang mereka inginkan dari kehidupan. Langkah pertama ini tugas anda adalah untuk mulai mengkonversi ide-ide seperti “kebahagiaan” atau “keamanan” dalam hal-hal yang anda lakukan. Tulislah hal-hal yang penting dalam hidup anda, cobalah untuk tidak samar-samar.

Sebagai contoh, jika hal pertama yang muncul di kepala anda adalah “kebahagiaan” itu bagus. Tapi cobalah untuk mendefinisikan istilah tersebut. Apakah arti kebahagiaan bagi anda? Hidup seperti apakah yang anda anggap bahagia?

  1. Tuliskan mengenai diri anda sendiri.
  • Mulailah brainstroming dengan menuliskan kegiatan apa yang anda nikmati dan apa yang membuat anda bergairah.
  • Jangan membatasi diri anda untuk kegiatan atau pengalaman yang menurut anda produktif atau layak dilakukan.
  • Tuliskan hal-hal yang anda suka dan ingin pelajari lebih lanjut.
  • Tuliskan tentang anda yang ingin anda tingkatkan.

  1. Bayangkan Masa depan anda

Pikirkan mengenai masa depan kamu yang ideal. Akan seperti apakah kelihatannya? Tanyakan kepada diri anda sendiri apa yang membantu anda untuk mencapai gambaran tersebut dengan terperinci.

 

  1. Buat tujuan anda lebih spesifik

Setelah semua pandangan dicurahkan, Anda harus memiliki beberapa ide tentang apa yang anda ingin lakukan dengan hidup anda. Bahkan, anda mungkin sudah memiliki beberapa diantaranya! Sekarang adalah waktu untuk membuat tujuan itu lebih spesifik mungkin. Misalnya, jika anda ingin menjadi dokter, sekarang pikirkan jenis dokter seperti apa? Apakah anda ingin menjadi dokter anak, gigi, kandungan, atau jantung?

 

  1. Pikirkan mengenai mengapa?

Sekarang, anda mungkin memiliki beberapa pesaing yang kuat untuk mencapai tujuan hidup anda. Periksa satu demi satu dan tanyakan pada diri sendiri: “ Mengapakah saya menginginkan hal itu? Jawaban anda dapat mengarahkan anda untuk merevisi tujuan anda. Misalnya, anda ingin menjadi ahli bedah dan ketika mencoba mencari tahu mengapa anda menginginkannya, anda menemukan satu-satunya alasan karena itu memberi banyak uang dan dihormati. Anda bisa saja berfikir ulang mengenai karir lain yang memberi anda lebih banyak alasan untuk mencapainya.

Sumber: RTK

Blog

Leave a Reply

Leave a Reply