Cara Move On dan Meninggalkan Masa Lalu yang Buruk

Cara Move On dan Meninggalkan Masa Lalu yang Buruk

Masih dihantui oleh bayangan masa lalu? Manusia dalam menjalankan kehidupannya pastilah mengalami berbagai peristiwa yang memberikan kesan baik ataupun buruk, dan ketika peristiwa tersebut berlalu maka akan menjadi sebuah kenangan yang tersimpan dalam ingatan jangka panjang.  Pastilah Anda merasa senang ketika mengingat kenangan yang baik sehingga Anda merasa ingin mengulanginya kembali namun sebaliknya ketika Anda ingat kenangan yang buruk jangankan ingin mengulanginya kembali mengingatnya saja sebenarnya tidak ingin, namun karena suatu hal bisa saja kenangan buruk itu tiba-tiba muncul di ingatan Anda.

Apa yang Anda lakukan dengan kenangan buruk itu mungkin lebih penting daripada kenangan itu sendiri. Apakah Anda lebih suka kembali menjalani hidup yang aktif? Atau apakah Anda lebih memilih meratapi masa lalu dan sesuatu yang tidak dapat diubah.

Orang-orang yang pernah mengalami peristiwa buruk pasti berusaha mencari cara move on dari masa lalu buruk tersebut setidaknya supaya bisa mengurangi beban pikiran sehingga kehidupannya bisa berjalan seperti biasanya tidak terus-menerus terpuruk dari peristiwa buruk yang telah terjadi.

Anda memang harus memilih cara move on yang baik alias berpindah dari masa lalu buruk atau tidak maka Anda akan menyia-nyiakan kehidupan Anda.

Move on? Ya, siapa yang tak kenal dengan istilah move on ? Tentu istilah ini sudah tidak asing lagi didengar dalam percakapan secara langsung maupun melalui media sosial terutama di kalangan pemuda pemudi, tak jarang istilah move on sering di kaitkan dengan masalah percintaan  yang buruk. Banyak pemuda pemudi yang mengartikan kata move on itu ketika seseorang telah putus dengan pacarnya dan beberapa waktu kemudian orang tersebut mempunyai pacar baru maka orang itu bisa dikatakan sudah move on,  namun sebenarnya cara move on tidaklah selalu berhubungan dengan masalah percintaan. Move on juga bisa berkaitan dengan hal lainnya tentang kehidupan misalnya move on dari peristiwa kehilangan salah satu anggota keluarga, move on dari kejadian yang memalukan, move on dari kegagalan untuk mencapai sesuatu dan masih banyak lagi, karena secara singkatnya arti dari move on sendiri adalah “bergerak maju”.

Apa Anda adalah salah satu orang yang sedang teringat masa lalu yang buruk dan mencoba mencari cara move on untuk meninggalkannnya? jika ya simak ulasan cara move on berikut supaya Anda bisa terbebas dari masa lalu  buruk yang mengganggu pikiran Anda, namun itu pun jika hanya Anda benar-benar ingin move on dan meninggalkannya.

1.Mengubah Sudut Pandang

Ubahlah sudut pandang Anda bahwa kenangan masa lalu buruk bukanlah suatu masalah karena kenangan merupakan suatu ingatan dan merupakan bagian dari sebuah pikiran yang sebenarnya bisa dikontrol oleh kita sendiri. Pikiran tidak memiliki kekuatan atau makna apa pun, kecuali jika Anda sendiri yang memberinya kesempatan untuk mengendalikan diri kita dengan terus memikirkannya sebagai suatu masalah. Seringkali orang berniat untuk melupakan masa lalu, namun Anda harus mengubahnya karena sebenarnya tidak dapa dipungkiri bahwa masa lalu merupukan bagian dari hidup kita dan berpengaruh pada hidup kita di masa sekarang. Tapi buatlah pengaruh yang positif dari masa lalu buruk Anda dengan berfikir “Apa yang harus dilakukan Anda saat ini untuk melanjutkan hidup yang lebih baik dari masa lalu?” fokuskanlah pada suatu yang berbeda.

2.Mempercayai Bahwa Masa Lalu Buruk yang Pernah Terjadi Merupakan Takdir

Cara move on yang pertama berhubungan erat dengan keimanan seseorang terhadap semua ketetapan Allah. Ketika teringat masa lalu yang buruk lalu terlintas di pikiran Anda pertanyaan “mengapa peristiwa buruk tersebut harus terjadi ?” maka Anda harus kembalikan lagi semuanya kepada Allah, Anda harus percaya terhadap Qadha dan Qadar , meyakini bahwa semuanya merupakan bagian dari rencana Allah yang telah ditetapkan jauh sebelum Anda dilahirkan, dan Anda harus percaya bahwa Allah memberikan ujian kehidupan untuk meningkatkan iman Anda.

Sebagaimana Allah berfirman yang artinya:

“Tiada suatu bencana pun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauh Mahfuzh) sebelum Kami menciptaknnya. Sesungguhnya, yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.” (Q.S Al Hadiid: 22)

3.Intropeksi Diri

Supaya Anda bisa move on untuk melanjutkan hidup setelah mengalami masa lalu buruk maka Anda haru meningglkan masa lalu buruk tersebut namun tetap memikirkan apa penyebab masa lalu buruk tersebut terjadi. Dengan intropeksi diri Anda dapat mengetahui letak kesalahan yang ada pada diri Anda maka dari itu Anda bisa memperbaiki diri Anda menjadi pribadi yang lebih baik sehingga meminimalisir terjadinya peristiwa buruk yang sama.

4.Putuskan Untuk Meninggalkannya

Ya, Anda harus mengambil keputusan untuk meninggalkan masa lalu buruk yang pernah menjadi bagian dari hidup Anda dan ya, ambillah keputusan ini dengan tegas. Dengan mangambil keputusan ini maka Anda bisa mengakhiri kenangan buruk yang selalu menghantui Anda.

Supaya Anda dapat mengurangi rasa sakit dari masa lalu buruk maka Anda juga harus berhenti membahas detail cerita di kepala Anda setiap kali kenangan buruk itu terlintas.

5.Ungkapkan Hal yang Menjadi Beban Pikiran Anda

Dengan mengungkapkan sesuatu yang menjadi beban pikiran Anda maka dapat mengurangi rasa cemas dan depresi  yang Anda alami. Anda bisa mengungkapkannya dengan beberapa cara misalnya dengan bercerita kepada orang yang Anda yakini bahwa dia adalah orang yang bisa menjaga rahasia Anda dan mampu untuk memberikan solusi dari masalah Anda. Cara lainnya yaitu Anda bisa  mengungkapkannya dengan menulis di sebuah buku harian Anda atau bahkan Anda bisa menuangkannya dalam sebuah karya seperti menuliskan pengalaman buruk Anda menjadi sebuah cerpen atau bahkan novel. Buktikanlah pada semua orang bahwa pengalaman buruk tidak menjadikan diri Anda lemah, bahkan dari pengalaman masa lalu yang buruk dapat memicu Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

6.Memaafkan Orang yang Pernah Menyakiti

Manusia merupakan makhluk sosial, dalam kehidupannya pasti lah selalu berhubungan dengan orang lain dan ketika peristiwa buruk terjadi karena perbuatan seseorang maka Anda harus belajar untuk memaafkan orang yang penah berbuat salah kepada Anda bukannya berfikir untuk merencanakan sesuatu supaya bisa membalaskan dendam. Karena hal tersebut malah menguras pikiran Anda dan bahkan balas dendam bisa merugikan diri Anda sendiri, misalnya karena sakit hati atas perbuatan seseorang dan berniat untuk menyakitinya bahkan hingga melakukan pembunuhan maka diri Anda sendiri yang malah di hukum dengan ditahan di penjara.

7.Mengambil Makna Dari Masa Lalu yang Buruk

Cara move on selanjutnya yaitu dengan mengambil pelajaran dari masa lalu buruk yang pernah terjadi, segala sesuatu yang terjadi bukanlah suatu kebetulan. Sebagaimana firman Allah dalan Q.S Shad 38: 27 yang artinya :

“ Dan kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya tanpa hikmah…”

Ketika mengalami hal buruk karena suatu kesalahan yang telah diperbuat maka jadikanlah peristiwa buruk tersebut sebagai pelajaran supaya tidak terulang lagi kesalahan yang sama. Cara move on ini juga masih berkaitan dengan iman kepada Allah yaitu dengan meyakini bahwa masa lalu buruk yang terjadi merupakan ujian dari Allah untuk menjadikan ladang pahala dari kesabaran Anda dalam menghadapinya. Sebagaimana Firman Allah berikut:

“Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” (Q.S Al-Mulk:2)dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu)orang-orang yang apabila ditimpa musibah, meraka mengucapkan “Innaalilillahi wa innaa ilaihi raaji’uun”. Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (Q.S Al-Baqarah :155-157)

8.Bersyukur

Cara move on yang paling mudah dilakukan namun sering kali dilupakan yaitu bersyukur, kenapa demikian? Ya, seringkali manusia hanya mengingat masa lalu buruk yang pernah dialaminya seolah-olah hal yang paling buruk hanya dialami sendiri olehnya padahal dengan melihat orang-orang di sekitar pasti ada yang pernah mengalami peristiwa lebih buruk, maka dari itu supaya senantiasa bersyukur selain dengan mengingat bahwa ada banyak orang yang pernah mengalami masa lalu lebih buruk dari yang pernah dialami Anda bisa juga dengan mengingat kenangan indah yang pernah dialami, dengan begitu Anda akan senantiasa bersyukur dengan apapun yang terjadi, karena dengan demikan Anda akan sadar bahwa masa lalu buruk hanyalah bagian kecil dan tidak sebanding dengan kenikmatan yang pernah dirasakan.  

Cara move on dengan bersyukur masih berkaitan erat dengan cara move on sebelumnya yaitu ketika Anda telah berhasil memkanai masa lalu buruk maka Anda akan bersyukur pernah mengalami masa lalu buruk tersebut sehingga menjadikan pacuan untuk Anda menjadi lebih baik supaya tidak mengalami hal buruk yang sama.

9.Hindarkan Diri Anda Dari Hal-Hal yang Memicu Masa Lalu Buruk

Hal-hal yang dapat membuat Anda sulit untuk move on dapat berupa tempat ataupun barang yang secara langsung berperan ketika masa lalu buruk terjadi, maka dari itu Anda harus menghindari diri dengan tidak melewati tempat dan dengan membuang barang apapun yang memicu kenangan mengenai masa lalu buruk tersebut.

10.Luangkan Waktu Bersama Orang Lain

Kenangan masa lalu buruk yang belum terselesaikan membuat Anda merasa tidak percaya orang baru. Hal ini membuat Anda sulit membangun hubungan yang sehat. Lawanlah rasa takut itu dan mulailah membangun hubungan yang sehat dengan orang di sekitar.

11.Jangan Gunakan Alkohol dan Obat-obatan

Kebanyakan orang menganggap bahwa dengan meminum alcohol dan obat-obatan dapat menghilangkan depresi dari kenangan masa lalu yang buruk padahal hal tersebut justru menambah masalah pada kehidupan di masa sekarang bahkan akan mempengaruhi kehidupan di masa depan karena efek dari alcohol dan obat-obatan  tersebut yang berdampak pada kesehatan.

12.Sibukkan Diri Anda Pada Kegiatan yang Bermanfaat

Setelah Anda melakukan cara move on sebelumnya, maka supaya Anda tidak mempunyai waktu untuk mengingat masa lalu buruk maka sibukkanlah diri Anda dalam kegiatan yang bermanfaat misalnya dengan mengujungi rumah teman atau keluarga untuk sekedar bersilaturahmi, berolahraga, belajar memasak atau kegiatan lainnya yang Anda sukai dan dirasa bermanfaat.

13.Fokus Pada Masa Sekarang Untuk Maju Menuju Masa Depan

Setelah Anda menemukan suatu kegitan positif yang dapat menyibukkan Anda, maka cara move on selanjutnya yaitu Anda harus benar-benar focus pada kegiatan tersebut, jangan memandang kecil atau sulitnya, ambilah tanpa ragu karena pada akhirnya, satu-satunya hal yang bisa Anda lakukan adalah terus bergerak maju menuju masa depan.

Tinggalkanlah masa lalu yang buruk, hiduplah kembali seperti yang Anda inginkan jangan buang-buang energy untuk memikirkan masa lalu buruk yang pernah terjadi, jangan pengaruhi masa depan Anda, yakinlah bahwa Anda mempunyai masa depan yang lebih cerah. Fokuskan diri Anda pada hal yang dapat dibubah atau diperbaiki dengan mempelajari masa lalu buruk, namun jikan Anda tidak dapat mengubaah atau memperbaiki sesuatu yang tidak disukai Anda, ubahlah cara pandang Anda dan pikirkanlah kembaali pilihan Anda serta ulangi apa yang tidak Anda sukai ke tahap awal untuk mencapai masa depan yang lebih baik.

13.Carilah Bantuan Dari Ahli Profesional

Cara move on ini dilakukan jika memang Anda benar-benar menghadapi bayang-bayang masa lalu yang begitu membebani Anda hingga cara move on sebelumnya tidak membuahkan hasil, Anda perlu dukungan dari seorang ahli profesional seperti psikolog atau terapis, jika Anda tidak tau bagaimana cara menemukannya Anda bisa mencaribtahu melalui dokter umum yang bisa merujuk Anda pada seorang ahli yang bergerak di bidang kesehatan mental.  

14.Berdo’a

Ketika melakukan serangkaian usaha cara move on maka iringilah dengan berdo’a, sebab usaha tanpa berdo’a adalah kesombongan namun jika Anda hanya berdo’a saja tanpa usaha pun juga salah karena itu hanyalah kesia-siaan saja.

Seperti yang telah di bahas sebelumnya bahwa segala sesuatu yang terjadi ataupun yang belum terjadi merupakam kehendak Allah yang telah di tetapkan, namun ada ketetapan Allah yang bisa berubah karrna adanya usaha dan do’a.

Seperti yang terkandung dalam Quran Surat Ar-Ra’d: 11 yang artinya sebagai berikut:

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.”

15.Konsisten

Tidak ada orang lain yang bertanggung jawab sepenuhnya terhadap Anda selain diri Anda sendiri. Maka dari itu jika Anda memang benar-benar ingin meninggalkan masa lalu yang buruk kendalikanlah diri Anda dengan tetap konsisten dalam melakukan berbagai cara move on untuk meninggalkan semua masa lalu buruk sehingga Anda dapat melanjutkan hidup yang lebih baik.

            Penulis mengerti memang tidak mudah untuk menerapkan beberapa cara move on seperti yang telah di paparkan di atas. Butuh proses yang melibatkan waktu, tenaga dan pikiran untuk benar-benar terbebas dari kenangan masa lalu yang buruk supaya Anda bisa melanjutkan hidup menuju masa depan yang cerah.

Namun tetaplah berusaha karena jika Anda tidak meninggalkan masa lalu Anda yang buruk ini akan membuat Anda tidak sehat baik secara fisik ataupun mental, mengganggu Anda untuk fokus dalam belajar atau bekerja serta dapat mempengaruhi hubungan sosial Anda dengan orang di sekitar Anda bahkan yang tidak berperan dalam terjadinya masa lalu buruk Anda.

Mulailah saat ini juga, lakukan perubahan pada diri Anda dan selamat datang kembali di kehidupan Anda.

 

Blog

Leave a Reply