Minuman Keras (Miras Minuman yang Mematikan)

1 Korban Miras Oplosan di Tulungagung Tewas.Rayakan Ultah Dengan Miras Oplosan, remaja Putri di Situbondo Tewas .Pelajar SMP Ciamis Tewas Usai Tenggak Miras Oplosan Racikan Sendiri
Ini sebagian kecil berita yang membahas tentang penggunaan miras (minuman keras) di kalangan masyarakat Indonesia. Layaknya gunung es, yang muncul dan terkuak hanya sedikit, namun jauh lebih banyak yang tidak tetahuan, kecanduan oleh sebuah benda yang dinamakan Minuman Keras. Kecanduan minuman keras sudah menyerang berbagai kalangan usia. Tidak sedikit pula yang mengalami kecanduan tersebut adalah anak-anak yang masih dalam usia yang sangat muda, yang masih pelajar. Ada baiknya kita perlu menambah wawasan tentang Miras supaya bisa mencegah menambahnya korban kecanduan bagi diri kita sendiri maupun keluarga yang kita sayangi.
Minuman Keras atau yang sering dikenal dengan MIRAS adalah minuman yang mengandung alkohol dan dapat menimbulkan ketagihan. Minuman ini dapat berbahaya bagi pemakainya karena dapat mempengaruhi pikiran, suasana hati, perilaku, serta menyebabkan kerusakan fungsi-fungsi organ tubuh. Efek yang ditimbulkan oleh minuman keras, antara lain : memberikan rangsangan, menenangkan hati, menghilangkan rasa sakit, membius, serta dapat membuat seseorang merasa gembira. Perlu diperhatikan efek ini hanya sementara dibandingkan pengaruh negatifnya terhadap pikiran dan tubuh.

Jenis Minuman Keras

Ada 3 golongan minuman keras –beralkohol, yaitu :
v Golongan A : Minuman beralkohol dengan kadar etanol 1-5 % (Ct: Bir)
v Golongan B : Minuman beralkohol dengan kadar etanol 5-20% (Ct: Anggur/Wine)
v Golongan C : Minuman beralkohol dengan kadar etanol 20-45% (Ct: Vodka)
Untuk miras oplosan sendiri tidak jelas masuk ke dalam golongan yang diperjualbelikan secara legal karena campurannya tidak jelas, asal-asalan tanpa ada takaran yang jelas. Bahkan bisa terjadi miras oplosan kadar alkoholnya jauh lebih tinggi dari Minuman Keras Golongan C, dan sudah pasti sangat berbahaya bagi tubuh manusia.
Beberapa jenis minuman keras yang dikenal :
1. Wine (Anggur)
Anggur atau yang populer disebut Wine adalah minuman beralkohol yang berasal dari sari anggur jenis vitis vinifera, yang biasanya tumbuh di area tertentu. Minuman beralkohol yang dibuat dari sari buah lain yang kadar alkoholnya berkisar di antara 8% – 15% biasanya disebut sebagai fruit wine. Wine adalah minuman yang populer di banyak negara, dan sering dianggap sebagai minuman berkelas. Negara yang paling sering meminum wine adalah Perancis, Italia, Amerika Serikat, Jerman , spanyol, Argentina, Inggris, dan Cina.
Anggur dibuat melalui fermentasi gula yang ada di dalam buah anggur. Ada beberapa jenis minuman anggur, yaitu Red Wine, White Wine, Rose Wine, Sparkling Wine, Sweet Wine dan Fortified Wine.
2. Brandy
Brandy atau yang dalam bahasa Indonesia disebut Brendi berasal dari Belanda, “Brandewijn”, yaitu istilah umum untuk minuman anggur hasil destilasi, biasanya memiliki kadar etil alkohol sekitar 40-60%. Bahan baku Brendi bukan hanya anggur, melainkan juga bisa dari ampas buah anggur sisa dari pembuatan wine yang sering disebut Pomace, atau bisa juga berasal dari sari buah. Dalam kebudayaan barat, brendi adalah minuman yang disajikan sesudah makan.
3. Whisky
Whisky/Whiskey berasal dari bahasa Gaelik, Skotlandia dan bahasa Irlandia, fuisce yang berarti secara luas pada minman beralkohol dari fermentasi serealia yang mengalami proses mashing (dihaluskan, dicampur air serta dipanaskan). Kemudian hasilnya disimpan dalam tong kecil dari kayu.
Dari catatan yang ada, whisky tertua berasal dari tahun 1405 di Irlandia. Sejarawan sendiri memperkirakan minuman keras hasil destilasi pertama kali dibuat sekitar abda ke 8 dan ke
4. Vodka
Vodka berasal dari bahasa Polandia (wodka) yaitu sejenis minuman beralkohol berkadar tinggi, bening, dan tidak berwarna. Vodka biasanya disuling dari gandum yang difermentasi. Vodka biasanya memiliki kandungan alkohol 35-60%. Vodka Rusia klasik mengandung kadar alkohol 40%. Vodka sendiri merupakan bahan dasar dari sejumlah minuman populer lainnya, seperti Bloody Mary, Bullshot, dan Vodka Martini,
5. Champagne
Champagne atau dibaca dalam bahasa Indonesia Sampanye adalah minuman anggur putih bergelembung yang dihasilkan dari kawasan Champagne, Perancis. Umumnya sampanye terbuat dari anggur pinot noir. Sampanye yang berkualitas bagus mempunyai warna kekuningan. Sampanye biasanya hanya diminum pada acara-acara khusus seperti perayaan kemenangan olahraga Formula 1, atau perayaan-perayaan lainnya seperti tahun baru.
6. Sake
Sake (dibaca sa- ke) adalah sebuah minuman beralkohol yang berasal dari Jepang, yang merupakan hasil fermentasi beras. Sake sering juga disebut dengan istilah anggur beras. Sake memiliki aroma yang mirip dengan tape beras.
7. Rum
Rum adalah minuman beralkohol hasil fermentasi dan destilasi dari molase (tetes tebu) yang merupakan produk sampingan dari industri gula. Rum berupa cairan berwarna bening, biasanya disimpan untuk pematangan di dalam tong yang dibuat dari kayu.
Rum putih biasanya digunakan sebagai pencampurkoktail. Rum berwarna coklat keemasan biasanya dipakai untuk membuat kue.
Masih banyak jenis-jenis minuman keras yang tersebar di berbagai belahan dunia. Di beberapa daerah di Indonesia sendiri ada minuman-minuman keras yang dibuat oleh penduduk lokalnya sendiri.
Dampak Minuman Keras
Tentunya selain mengetahui jenis-jenis minuman, keras, yang lebih penting adalah mengetahui dampak yang dapat terjadi apabila seseorang kecanduan miras.Beberapa dampak negatif orang yang kecanduan miras :

1. Dampak Kesehatan Jiwa

Seseorang yang kecanduan minuman keras (miras) akan merasakan pengaruh pada pikiran dan kejiwaannya. Awalnya mulanya mungkin merasa enak, nyaman, dan bisa menjadikan minuman keras sebagai pelaria dari masalah yang ada. Namun lama kelamaan pikiran akan mulai merasa membutuhkan minuman keras. Apabila melewatkan minum, minuman keras, pikiran akan merasa butuh dan akan terganggu jika tetap tidak mendapatkannya (efek ketagihan)
Efek lainnya, apabila saat ini seseorang mengkonsumsi minuman keras, dan merasakan gembira atau senang. Kemudian orang tersebut minum kembali minuman keras, semakin sering, maka untuk merasakan efek gembira yang sama dibutuhkan minuman keras dengan jumlah yang lebih banyak. Semakin sering minuman keras diminum, tubuh akan terbiasa sehingga efek yang dirasa akan berkurang, jadi para peminum minuman keras semakin lama membutuhkan jumlah yang lebih banyak lagi (efek toleransi).
Setelah semakin banyak mengonsumsi minuman keras, mulailah muncul masalah lain dalam pikiran, seperti daya ingat menurun, tidak mampu fokus, motivasi belajar dan bekerja kurang, menjadi malas untuk melakukan apa-apa yang akhirnya membawa dampak hilangnya produktivitas.

2. Dampak Kesehatan Fisik

Orang yang kecanduan minuman keras memiliki resiko gangguan kesehatan tubuh, antara lain :
· Menimbulkan gangguan fungsi hati : miras menurunkan kemampuan hati dalam metabolisme lemak dan lipoprotein sehingga menimbulkan resiko menumpuk racun di hati.
· Menimbulkan gangguan pada struktur dan fungsi pankreas, dapat menjadi pencetus terjadi penyakit gula (diabetes melitus).
· Menimbulkan gangguan pada fungsi pencernaan : merusak selaput lambung, kerongkongan, memperburuk fungsi usus dalam mencerna makanan
· Menimbulkan kelemahan otot
· Merusak sumsum tulang belakang,
· Menghambat pembentukan trombosit, menyebabkan anemia dan faktor resiko leukemia
· Menimbulkan gangguan fungsi endokrin yang berperan dalam pengaturan hormonal
· Menyebabkan denyut jantung bertambah, meningkatkan resiko tekanan darah tinggi dan gagal jantung.
· Meningkatkan gangguan koordinasi motorik, berbicara, berdiri, dan berjalan.

3. Dampak Sosial

Orang yang kecanduan minuman keras memiliki perasaan mudah tersinggung, kurang perhatian terhadap lingkunga, kurangnya kemampuan pengendalian diri sehingga yang bersangkutan menjadi berani, agresif dan bila tidak terkontrol akan menimbulkan tindakan-tindakan yang melanggar norma-norma. Sikap moral yang lebih parah lagi dapat menimbulkan tindakan pidana atau kriminal.
Kesimpulan :
Kecanduan Miras atau Minuman Keras memilki dampak yang sangat berbahaya, baik bagi diri sendiri dan orang lain. Sebisa mungkin mari kita hindarkan dan cegah diri kita beserta keluarga yang kita sayangi terjerat oleh minuman keras.
Apabila Anda ingin menghentikan Kecanduan Minuman Keras (MIRAS) silakan Konsultasikan pada kami.
Blog

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.