Cara Mengatasi Susah Tidur : 6 tips singkirkan insomnia

Cara Mengatasi Susah Tidur : 6 tips singkirkan insomnia

Dalam kehidupan manusia sehari-hari, kesehatan merupakan salah satu hal yang penting. Namun, sering kali saat kita membahas tentang masalah kesehatan secara keseluruhan, bahasan tentang pentingnya tidur sangat diremehkan. Orang-orang masih sedikit yang mengerti tentang pentingnya tidur yang cukup, padahal tidur dan
relaksasi merupakan saat-saat berharga untuk memulihkan diri sambil menstabilkan hormon tubuh. Tindakan yang merampas waktu untuk tidur Anda dapat menguras kemampuan fisik dan mental Anda. Lebih parah lagi, kebiasaan tidur yang buruk dapat memicu terjadinya obesitas .

Apabila anda penderita insomnia, penting bagi Anda untuk mengetahui dengan baik, bukan hanya cara untuk mendapatkan tidur lebih awal, namun juga Anda perlu mengetahui  gaya hidup modern yang dapat mengganggu jam dan tidur alami siklus tubuh Anda.  Untungnya, ada sejumlah cara sederhana untuk membantu menyingkirkan insomnia.

Inilah 6 cara mengatasi insomnia ini yang perlu Anda ketahui untuk menikmati istirahat malam yang berkualitas :

1.Teknik Bernafas 4-7-8

Bila diterapkan dengan benar, teknik ini akan membuat Anda tertidur kurang dari 5 menit. Dipelopori oleh Harvard-lulusan Dr. Andrew Weil, teknik sederhana bernafas 4-7-8  ini sebenarnya berasal dari meditasi.

Pola pernapasan yang khusus pada teknik ini membantu untuk menenangkan pikiran, merilekskan tubuh dan secara bertahap mengisi paru-paru Anda dengan oksigen. Teknik ini sangat efektif dalam mengurangi stres secara keseluruhan. Dengan mengatur pernapasan Anda, detak jantung akan berkurang dan hormon untuk rileks dilepaskan di otak.

Caranya sangat mudah dilakukan, yaitu:

  1. Tarik napas melalui hidung selama empat detik
  2. Tahan selama tujuh detik
  3. Buang napas melalui mulut selama delapan detik
  4. Ulangi pola selama diperlukan

2.Membuat Ritual Yang Mendukung Tidur

Ritual memiliki efek mendalam pada pikiran bawah sadar, dan bahkan memicu reaksi kimia dalam tubuh. Membuat kebiasaan ritual yang baik sebelum tidur membantu untuk memicu pelepasan alami hormon melatonin , yang berguna secara alami membuat Anda hanyut tertidur.

Anda harus mencari dan melakukan ritual-ritual yang baik ini sebelum tidur untuk jangka waktu tertentu sehingga menjadi kebiasaan. Pada saat sudah menjadi kebiasaan, saat Anda melakukan ritual ini, Anda dapat langusng terhipnosis dan tertidur. Contoh salah satu ritual yang baik yang mendukung Anda untuk tidur adalah membaca buku di tempat tidur. Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa begitu banyak orang membaca buku di tempat tidur? Ternyata, segera setelah mata mereka lelah dan meletakkan buku, tubuh mereka langsung mengirimkan mereka ke dunia tidur. Anda dapat mencobanya sendiri, atau membuat ritual Anda sendiri, seperti berdoa, menonton tv dan lain sebagainya.

3.Ingatlah Apa dan Kapan Anda Makan ?

Apa yang kita makan, khususnya terhadap jam malam, dapat memiliki dampak yang luar biasa pada kualitas tidur. Kopi dan sumber kafein lainnya harus dibuang sebelum pertengahan sore. Hal yang sama juga berlaku untuk cokelat dan makanan ringan sarat gula tidak boleh Anda makan saat Anda hendak tidur. Apabila
Anda melakukan ini, hampir pasti Anda lebih susah untuk tidur pada hari itu karena dapat menyingkirkan hormon untuk tidur. Pastikan juga Anda tidak makan makanan berat dan hidangan pedas di malam hari, karena makanan-makanan tersebut dapat mengganggu pencernaan Anda saat Anda tertidur, dan tentunya dapat membuat kualitas tidur Anda buruk.

4.Hindari Menggunakan Perangkat Elektronik Sebelum Tidur

Ini adalah satu tips yang mungkin sulit dilakukan, tetapi juga diperlukan. Menggunakan perangkat elektronik yang memancarkan cahaya atau memiliki Backlight selama satu jam sebelum tidur akan membawa malapetaka dengan pola tidur alami Anda. Alat elektronik yang merupakan penjahat terburuk bagi pola tidur Anda adalah TV, laptop atau komputer dan juga mobile phone Anda.  Ini merupakan pernyataan yang benar karena konsentrasi  pada cahaya yang tinggi dapat mempengaruhi dan mengurangi pengeluaran melatonin pada tubuh yang berfungsi menginduksi tidur. Segera usir perangkat ini dari kamar tidur dan Anda akan merasa jauh lebih mudah untuk tidur!

5.Atur Kamar Tidur Anda Untuk Tidur

Terapi kognitif-perilaku dapat digunakan untuk membantu Anda tertidur lebih cepat dan bahkan meningkatkan kualitas tidur. Hal ini termasuk bagaimana Anda berperilaku di sekitar kamar tidur Anda dan tidur. Jika Anda ingin menyingkirkan insomnia, cobalah untuk membuat kamar tidur Anda untuk tidur saja. Tidak untuk menonton TV, makan dan terutama tidak ada kerja!! Cobalah untuk membatasi jumlah waktu non-tidur dihabiskan di tempat tidur, dan nikmati suasana kamar Anda yang memang Anda peruntukan untuk tidur.

Saat Anda mulai mengatur pikiran Anda dan menghubungkan kamar tidur dan tempat tidur dengan tidur saja, Anda akan merasa jauh lebih mudah untuk tertidur.

6.Lakukan Teknik Relaksasi otot

Stres pada pikiran Anda juga dapat sangat mempengaruhi pola tidur Anda. Stres yang berlebihan dapat menimbulkan ketegangan sehingga pikiran Anda susah untuk rileks. Jika stres dan ketegangan sering mempengaruhi tidur Anda, mungkin teknik relaksasi otot ini dapat membantu Anda untuk  menyingkirkan insomnia.

Teknik relaksasi otot secara progresif ini pertama kali dikembangkan lebih dari 100 tahun yang lalu. Teknik ini dilakukan dengan menegangkan dan merelaksasikan otot-otot sehingga bekerja di sseluruh tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang melakukan teknik ini dapat meningkatkan kualitas tidur.

Coba lakukan sendiri teknik relaksasi otot progresif  ini dengan cara menegangkan dan melepaskan setiap kelompok otot dengan perlahan. Otot-otot yang dilakukan relaksasi secara progresif secara bertahap, yaitu :

  • Wajah
  • Bahu dan lengan
  • Dada dan abs
  • Kembali
  • Pinggul dan pantat
  • Kaki dan kaki

Kesimpulan :

Insomnia atau susah tidur merupakan salah satu gangguan yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan diri Anda secara keseluruhan. Penting untuk dapat tidur secara alami dengan kualitas dan kuantitas yang cukup. Dengan demikian Anda perlu untuk mengetahui dan rutin melaksanakan cara-cara yang sebenarnya sederhana dapat mendukung kecukupan tidur Anda.

 

Blog

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.