Saat Libur Tiba, Lebih Baik Tidur atau Olahraga?

Tanya Terapis

Menurut para pakar, tidur seharian saat libur tidak terlalu bermanfaat untuk menebus kekurangan tidur sehari – hari. Tidur terlalu lama dalam satu waktu hanya akan membuat tubuh terasa lemas, denyut jantung menurun, dan seperti kehilangan semangat hidup. Terlalu sibuk tidak isa dijadikan alasan karena hal itu memang tidak terhindarkan. Yang bisa dilakukan adalah mengatur siasat, antara lain dengan curi – curi waktu untuk tidur siang. Di sela – sela bekerja, atau selama dalam perjalanan. Itu pula sebabnya, naik kendaraan umum lebih dianjurkan karena tidak mungkin tidur saat sedang berkendara. Fakta berikutnya adalah, menghabiskan waktu seharian untuk olahraga juga akan berdampak pada kelelahan otot yang berlebihan. Organisasi kesehatan dunia (WHO) manganjurkan aktivitas fisik dengan intensitas sedang selama 150 menit dalam sepekan, yang artinya hanya sekitar 30 menit dalam sehari. Kesimpulannya, waktu sehari sudah lebih dari cukup untuk bisa mengerjakan keduanya sekaligus; tidur dan olahraga.

Apakah Olahraga Pengaruhi Kebiasaan Makan?

Tanya Terapis

“Masyarakat dewasa ini, dengan lingkungan kerja seperti saat ini, lebih banyak dan membutuhkan kinerja otak yang tinggi,” kata peneliti William Neumeier,”akibatnya, begitu jam istirahat tiba, si pekerja kantoran, misalnya, akan mengkonsumsi makanan lebih banyak dari porsi biasanya, dan mereka cenderung makan di tempat atau enggan meninggalkan mejanya. Jika kebiasaan ini diiarkan dan berlarut – larut maka bisa memicu obesitas.” Menurut Neumeier dari University of Alabama, hasrat makan besar ini dapat disiasati dengan berolahraga. Kesimpulan ini didapat setelah peneliti melakukan percobaan dengan melibatkan sejumlah mahasiswa. Masing – masing dari mereka diminta menyelesaikan tes yang menguras otak. Setelah itu mereka diberi kesempatan untuk erolahraga atau beristirahat selama 15 menit. Seluruh responden kemudian ditraktir makan siang dengan menu all you can eat. Didapati bahwa mahasiswa yang berolahraga makan leih sedikit daripada yang beristirahat. Hal ini terjadi karena salah satu sumber energi otak yang bernama laktat dan dihasilkan saat melakukan aktivitas fisik yang intens mampu ‘mengisi ulang’ energi di otak yang habis setelah mengerjakan tes. Dengan begitu, yang bersangkutan  juga tak punya keinginan untuk makan berlebihan.

Emosional, Baik Atau Buruk ?

Emosional, Baik Atau Buruk ?

Blog

Pernahkah Anda merasa sangat marah dan ingin melampiaskan kemarahan Anda dengan melemparkan berbagai benda yang ada di depan Anda. Atau mungkin Anda melampiaskan kemarahan dengan cara memaki-maki orang yang ada di hadapan Anda ? Jika Anda pernah mengalami hal ini, mungkin Anda adalah orang yang emosional.

Atau Anda pernah kondisi ini ? Anda merasa sangat sedih sehingga Anda tidak dapat menahan air mata Anda setiap harinya. Adan tidak mampu melupakan sebuah kejadian yang menyedihkan yang terjadi pada diri Anda. Sehingga akhirnya tidak mampu beraktivitas apapun juga. Jika Anda pernah mengalami hal ini, mungkin Anda adalah orang yang emosional.

Dua contoh di atas adalah kondisi dimana seseorang sedang mengalami sebuah emosi yang sangat kuat sampai efek emosi itupun terwujud di dalam tindakan yang dilakukan. Seorang yang sangat marah bisa merusaka apapun yang ada di depannya, begitupun seorang yang sangat sedih bisa merusak dirinyasendiri. Berarti apakah saat seseorang menjadi emosional, berarti buruk ?

Tentu saja untuk menjawabnya kita perlu mengetahui terlebih dahulu pengertian dari emosional itu sendiri. Sebenarnya dari unsur katanya, emosional dapat diartikan sebagai kondisi di mana seseorang mengalami sebuah emosi, dan boleh dikatakan sebuah emosi yang dominan. Emosi ini adalah suatu bentuk perasaan yang keluar dari pikiran manusia (seringkali disebut keluar dari hati). Jadi kalau kita berbicara tentang emosi, tentu saja kita sedang berbicara tentang sebuah perasaan yang dirasakan oleh seseorang.

Kalau kita melihat dalam ranah pikiran, emosi atau perasaan seseorang berasal dari pikiran bawah sadarnya. Atau bisa dikatakan di dalam pikiran bawah sadar seseorang disimpan emosi orang tersebut.  Berbagai emosi yang didapatkan dari pengalaman hidup seseorang dari saat dia lahir sampai saat ini disimpan dalam pikiran bawah sadar. Dan emosi ini akan keluar saat pikiran bawah sadar mendeteksi adanya kecocokan / kesamaan pemicu yang dialami orang tersebut seperti yang terjadi di masa lampau.

Berbagai emosi disimpan dalam pikiran bawah sadar, baik emosi negatif maupun emosi positif. Beberapa contoh emosi negatif, yaitu emosi takut, khawatir, cemas, sedih, marah, kecewa, jengkel, denadam, dan berbagai emosi negatif lainnya. Namun pikiran bawah sadar juga menyimpan emosi positif seperti rasa sayang, senang, gembira, berani, percaya diri, semangat, dan berbagai emosi positif lainnya.

Oleh karena menjawab pertanyaan diatas, Emosional Baik atau Buruk ? Jawabannya adalah tergantung dari emosi apa yang dikeluarkan. Apabila pikiran bawah sadar selalu mengeluarkan emosi positif maka perilaku dan tindakan seseorang akan menjadi positif tentunya adalah hal baik. Namun apabila seseorang selalu mengeluarkan emosi yang negatif, maka perilakunya pun akan ikut negatif, dan tentu saja akan menjadi hal yang  buruk. Oleh karena itu emosional tidak selalu buruk, bisa saja emosional merupakan hal baik.

Walaupun demikian ada baiknya kita selalu dapat mengendalikan emosi kita karena apapun emosi yang dirasakan terlalu berlebihan hasilnya biasanya akan menjadi buruk. Contohnya kalau kita atau seseorang merasakan sedih yang berlebihan dapat berakibat terjadinya depresi pada orang tersebut sehingga orang tersebut tidak mampu lagi untuk beraktivitas dan bahkan lebih parahnya mungkin bisa memunculkan perasaan ingin melukai diri sendiri. Begitu juga saat seseorang merasa sangat senang dan mulai muncul perasaan yang berlebihan (seringkali disebut euforia) orang tersebut dapat melampiaskan kesenangannya bahkan dengan cara merusak orang lain atau benda di sekitarnya. Jadi walaupun kita merasakan emosional, satu hal yang cukup penting adalah mampu mengendalikannya. Untuk cara mengendalikan emosi akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

Apabila Anda ingin berkonsultasi mengenai emosi yang Anda rasakan, silakan Konsultasikan pada kami GRATIS 

Mengapa kita tertawa ?

Tanya Terapis

Ketika ditanya mengapakita tertawa, pada umumnya kita menjawab karena candaan atau humor, tetapi studi menemukan bahwa kita paling sering tertawa saat berbincang biasa bukan pada lelucon. Profesor Sophie Scott dari Institute of Cognitive Neuroscience, University College London, berkomentar bahwa tertawa adalah bentuk emosi primitif. Dr. Sophie mengatakan “kita menggunakannya untuk menjalin ikatan sosial. Anda tertawa untuk menunjukkan bahwa anda paham, bahwa anda setuju dengan mereka dan adalah bagian dari mereka, untuk menunjukkan anda menyukai mereka, atau ahkan mencintai. Semua itu anda lakukan saat berbincang dengan mereka, dan tawa anda mendemonstrasikan semua emosi tersebut. Dan alasan mengapa anda tertawa ketika kita mendengar orang tertawa, dan mengapa saya ikut tertawa bersama orang yang tertawa, adalah karena tawa sangat menular. Anda dapat tertular tawa dari orang lain, terutama apabila anda mengenal orang tersebut.””kita membuat suara tawa lewat cara sederhana berbeda dari bicara dan ini dikontrol oleh bagian sistem otak yang juga mengatur vokalisasi pada seluruh mamalia. Inilah kenapa serangan stroke dapat merenggut kemampuan bicara seseorang tetapi ia masih bisa tertawa dan menangis karena sistem otaknya masih utuh,” lanjut Prof Sophie.

KARAKTERISTIK TUNARUNGU PADA ANAK

KARAKTERISTIK TUNARUNGU PADA ANAK

Blog

Jika kita membahas tentang karakteristik anak tuna rungu, akan lebih mudah untuk memahami jika kita memulai dari pengertian tuna rungu. Yang dimaksud dengan tuna rungu adalah sebuah kondisi dimana seseorang kehilangan kemampuan pendengarannya sehingga tidak mampu untuk menangkap hampir semua rangsangan melalui indra pendengarannya.

Dalam banyak hal, orang kebanyakan seringkali salah memahami bahwa yang termasuk dalam tuna rungu terbatas pada mereka yang kehilangan kemampuan pendengarannya secara total, padahal yang termasuk tuna rungu adalah mereka yang juga mengalami kelainan pada indra pendengaran.

Tuna rungu selalu diiringi dengan gangguan wicara, hal ini disebabkan ketika seseorang tidak mendengar, maka tidak ada konsep informasi yang masuk ke otak tentang konsep kata dan kalimat. Ketika otak tidak memiliki rekaman kata-kata maka tidak bisa mengeluarkan konsep tersebut.

Secara umum karakteristik anak tuna rungu dibagi menjadi 4, yaitu:

Karakteristik berdasarkan bicara dan bahasa

Anak tuna rungu adalah seseorang yang mengalami hambatan bicara sehingga membutuhkan latihan atau pembelajaran secara khusus. Bagi orang awam bicara dengan anak tuna rungu seringkali merupakan hal yang sulit. Semakin lama berinteraksi dengan anak tuna rungu maka kita akan terbiasa dan semakin mudah untuk memahami bahasa mereka.

Karakteristik berdasarkan kondisi fisik/kesehatannya

Karakteristik yang menonjol dari aspek fisik pada anak tuna rungu adalah gerakan tangannya yang cepat. Hal ini disebabkan karena tangan digunakan sebagai alat bantu komunikasi. Ciri yang kedua adalah pada bentuk badannya yang membungkuk. Anak tuna rungu seringkali juga mengalami gangguan pada keseimbangan tubuhnya. Membungkuk adalah salah satu yang digunakan untuk menjaga keseimbangannya.

Karakteristik berdasarkan akademis

Secara umum karakteristik anak tuna rungu berdasarkan akademik sama dengan anak lain pada umumnya. Intelegensi pada anak tuna rungu juga terbagi menjadi 3 bagian tinggi, sedang dan rendah. Anak tuna rungu sering mengalami hambatan pada mata pelajaran verbal karena keterbatasannya dalam berbahasa. Namun demikian untuk mata pelajaran non verbal pada umumnya mereka lebih mampu untuk mengatasi permasalahan akademik.

Karakteristik dalam aspek social dan emosinya

Anak tuna rungu dalam banyak hal juga sering dijauhi oleh teman-temannya bahkan juga oleh sesame penyandang disabilitas yang lain non rungu wicara. Hal ini disebabkan oleh sulitnya komunikasi dengan mereka. Hal ini mengakibatkan besarnya ketergantungan pada orang lain dan adanya ketakuatn untuk memasuki lingkungan yang lebih luas.

Perhatian anak tuna rungu lebih sulit untuk dialihkan namun hal ini dapat membawa pengaruh positif terutama ketika mereka mulai memasuki lingkungan kerja karena tingginya kemampuan mereka untuk focus dalam pekerjaan. Karena keterbatasannya dalam komunikasi, anak tuna rungu juga mempunyai lingkungan pergaulan yang terbatas. Hal ini menyebabkan tingginya sifat egosentris mereka dan mempunyai kepribadian yang polos dan tidak banyak nuansa bahkan pada kondisi perasaan yang ekstrim.Hal-hal diatas adalah hal yang menjadi karakteristik dasar anak tuna rungu. Semoga melalui artikel ini dapat membantu kita untuk mengenali, mengerti dan membantu interaksi kita dengan penderita tuna rungu.

disadur dari : https://goo.gl/h9WRnb

Cara Melatih dan Menstimulasi Anak Berbicara

Blog

1. Giat Ajak Si Kecil Berkomunikasi

Sejak bayi, orangtua harus sudah mulai senang mengajak si kecil berinteraksi dan berbicara kapanpun dan dimanapun. Dengan seringnya ibu mengajak si kecil mengobrol ini akan membantu agar si kecil menjadi lebih komunikatif.

2. Latih Bicara Dengan Cara yang Menyenangkan

Menghibur disini bukan hanya sekedar mengajaknya bermain tetapi memberi pelajaran yang membuatnya si kecil nyaman dan lebih terhibur sehingga lebih cepat lagi merangsang kemampuan berbicara. Contohnya: mendongeng

3. Menyanyi Untuk Si Kecil

Ya, dengan menyanyikan lagu-lagu pada saat menggendongnya, mengajak tidur, dan mandi jika ini dilakukan secara rutin dan terus menerus akan membuat si kecil jadi terbiasa mendengarkan. Lambat laun, ia pasti akan mencoba menirukan apa yang Ibu nyanyikan untuknya.

4. Ajak Bermain

Dengan bermain ini merangsang otak anak menjadi lebih aktif lagi. Mengajak bermain dengan gambar-gambar pada flash card misalnya, benda-benda yang ada gambarnya, ini dapat menambah kosa kata pengucapannya.

5. Tanggapi Ocehannya dan Perbaiki

Ibu bisa berpura-pura menanyakan maksud ocehannya sambil tertawa atau tersenyum. Perlihatkan wajah bahagia Ibu, kemudian lihat reaksinya. Agar komunikasi si kecil tumbuh dengan maksimal dan dapat berbicara dengan lancar, maka ibu harus memperhatikan segala makanan dan nutrisi penting yang wajib dikonsumsi, misal : Omega 3 dan DHA tinggi adalah nutrisi wajib
Tahukah Anda..????

Hipnoterapi layanan yang ada di Life Transformation Center

“Terapi yang dilakukan oleh Hipnoterapis professional dan bersertifikasi kami dengan cara memberikan pesan / komunikasi pada pikiran bawah sadar seseorang. Pikiran bawah sadar merupakan bagian yang dominan dari pikiran orang yang mempengaruhi tindakan dan perilaku orang tersebut”.
Agar Anda-anda lebih mengerti dan paham silahkan klik website Life Transformation Center di: www.lifetranscenter.com
Semoga tips-tips ini bermanfaat buat para orang tua bagaimana cara sang buah hati cepat berbicara, .jika ingin komentar dan memberikan saran silahkan hubungi.
Mengatasi Kecanduan Gadget,Game dan Internet

Mengatasi Kecanduan Gadget,Game dan Internet

Blog

Siapkah Anda kehilangan kebersamaan, hubungan yang harmonis dan kasih sayang dengan keluarga Anda karena Kecanduan dunia Game, Internet dan Gadget? Apakah Anda mengetahui bahwa Anda atau anak Anda telah mengalami Kecanduan dunia maya?

Sambil santai dan memegang gadget Anda yuk menambah pengetahuan yang bisa membuat Anda dan anak menjadi user gadget, internet dan game yang bijak dan tidak berlebihan.

Cyber addiction atau kecanduan game, internet, gadget dan sarana eletronik lainnya yang berhubungan dengan dunia maya menjadi hal yang mengkhawatirkan beberapa tahun belakangan ini, kecanduan cyber ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa tetapi juga pada anak  dan remaja. Kecanduan cyber membuat seseorang cenderung anti sosial, sulit berkonsentrasi, dan dampak buruk lainnya, selain itu banyak sekali kasus kejahatan seksual dan penculikan terjadi karena tidak adanya pengetahuan tentang dunia cyber dengan baik.

Melihat Negara Lain

Di Negara lain Kecanduan Dunia maya telah dikategorikan menjadi menjadi clinical disease atau penyakit kejiwaan klinis yang disetarakan dengan kecanduan narkoba, di luar sana pemerintahnya sangat fokus mendirikan pusat-pusat rehabilitasi untuk orang-orang yang terjangkit kecanduan internet, banyak sekali kasus kecanduan internet yang mempunyai dampak parah mulai dari anak-anak yang berhenti sekolah, dan orang dewasa yang meninggalkan pekerjaan. Di Cina telah di indikasi sekitar 24 juta anak remaja menjadi pecandu internet atau mereka sebut web junkie, mereka hanya bermain game online dan tidur setiap harinya, mereka bisa tidak tidur selama 3 hari dan memakai popok dewasa hanya untuk bermain game, yang paling parah seorang remaja di cina telah memotong tangannya sendiri hingga putus karena ingin berhenti bermain game weleh….

Ciri-ciri orang yang terjangkit Cyber Addiction:

  1. Melupakan waktu makan, waktu tidur terganggu atau bergeser dan malas melakukan aktifitas belajar dan bekerja.
  2. Sulit konsentrasi pada dunia nyata, rasa kecanduan pada gadget membuat Anda menjadi cepat bosan, gelisah dan marah ketika dipisahkan dari dunia maya (internet, gadget, game)
  3. Hanya senang saat di depan computer, gadget, smartphone, TV atau Video Game dan menunjukkan perilaku kurang baik saat berhenti melakukannya.
  4. Lebih tertarik dengan bermain game atau Handphone dibandingkan bersosialisasi, berkumpul, hangout dan bermain dengan teman-teman.
  5. Berbohong agar bisa melakukan aktivitas dunia maya seperti chatting, media sosial dan Game.
  6. Mata memerah karena telalu lama didepan layar handphone, TV atau Komputer

Dibawah ini infographic umur yang terjangkit kecanduan cyber

Dari infographic diatas dapat dilihat semakin muda umur pengguna internet maka semakin besar jumlah individu yang kecanduan gadget, di Indonesia pertumbuhan internet sangat pesat tetapi pengetahuan tentang penggunaan internet yang baik belum maksimal diberikan.

Diperkirakan di 2015 pengguna internet Indonesia bisa mencapai diatas 20% atau minimum 50 juta penduduk, Anda dan Anak-anak Anda ada didalam angka statistik tersebut, tapi apakah Anda dan Anak Anda sudah mempersiapkan diri agar tidak terjangkit kecanduan Cyber?hmmm…..sekarang sih yang jelas terlihat di kafe, di jalan, di restoran, kantor, rumah orang-orang duduk barengan tapi sibuk sendiri-sendiri, orang-orang kehilangan momen penting kebersamaan ketika sibuk meng share kegiatan nya pada saat itu, biar kekinian dan hits gitu maksudnya,,,hehe.

Pengaruh Kecanduan Cyber pada Anak

1.Perkembangan Fisik

  • Aktifitas gerak berkurang (membatasi aktivitas fisik) yang dapat mengakibatkan ,Obesitas atau kelebihan berat badan. Ketidak seimbangan hormonal dan metabolisme yang bisa menggirig terjadinya serangan jantung premature pada anak.
  • Physical decline (cahaya dan radiasi) : problem visual seperti kelelahan mata, sakit kepala bahkan penglihatan kabur.
  • Perubahan bentuk tubuh seperti punggung bungkuk.

2.Perkembangan Sosial dan Emosional

  • Anak menjadi tertutup, Kurang bergaul, sulit bersosialisasi dan interaksi sosial, Tidak Percaya diri, Berbohong,Kecemasan,Depresi, Cepat Marah, Cyber – Bullying, Stranger-Danger, Cyber-stalking

3.Perkembangan Moral

  • Anak dewasa sebelum waktunya.
  • Penyimpangan Moral efek mengkonsumsi hal-hal yang berbau Pornografi,Kekerasan dan  Kriminal

4.Pengaruh Kecanduan Cyber Secara Umum

  • Kemajuan Teknologi berpotensi membuat anak cepat puas dengan pengetahuan yang diperolehnya sehingga mengganggap bahwa apa yang dibacanya di Internet adalah pengetahuan yang terlengkap dan final.
  • Kemajuan Teknologi membawa banyak kemudahan, maka generasi mendatang berpotensi untuk menjadi generasi yang tidak tahan dengan kesulitan.
  • Kemajuan Teknologi juga berpotensi mendorong anak untuk menjalin relasi secara dangkal.
  • Anak mengalami penurunan konsentrasi
  • Mempengaruhi kemampuan menganalisa permasalahan
  • Malas menulis dan membaca
  • Penurunan dalam kemampuan bersosialisasi Eksternal dan Internal.

7 Cara Mengatasi Kecanduan Cyber Pada Anak

1.Berikan pengetahuan yang benar tentang bahaya cyber kepada Anak

Ya Anda sebagai orang tua sebaiknya membekali diri Anda dengan pengetahuan bahaya tentang gadget dan mulai mengedukasi anak Anda, contohnya dengan membaca artikel ini hehe..

2.Batasi penggunaan internet pada Anak

Didiklah anak untuk membatasi waktu penggunaan internet atau gadget dalam 1 hari, karena itu akan mendisiplinkan mereka untuk tau waktu maksimal yang bisa mereka gunakan, tentunya orang tua pun harus memberikan contoh dengan tidak menyibukkan diri sepanjang waktu menggunakan gadget untuk media sosial atau online chatting didepan anak Anda sepanjang waktu.

3.Berilah password atau kunci

Cara ini bisa efektif untuk mendisiplinkan anak Anda agar tidak kecanduan dengan internet, berilah password di komputer atau laptop dirumah Anda, jika Anda berdua sibuk bekerja diluar rumah, berikanlah password ini kepada orang dewasa yang berada dirumah Anda.

4.Biasakan meluangkan Family Time setiap hari

Kecanduan Cyber adalah gejala dari jaman modern karena tingginya kesibukan orang tua sehingga jarang sekali adanya waktu berkumpul bersama keluarga dirumah untuk berbincang, bercanda, dan sharing kegiatan sehari-hari sehingga masing-masing anggota keluarga sibuk mencari kesenangan dan hiburan melalui dunia maya. Biasakanlah Anda luangkan waktu untuk makan bersama atau acara keluarga untuk berbincang mengenai kegiatan dalam 1 hari atau sekedar bercanda.

5.Jangan biasakan Menggunakan Internet untuk mencari hiburan

Sekarang ini Anda bisa mendapatkan apa saja kebutuhan di dunia maya apalagi hal-hal yang menghibur seperti video online, game online dan lainnya, kebiasaan mencari hiburan di dunia maya akan membuat anak Anda menjadi tidak bersosialisasi dan bermain secara normal dengan teman-teman mereka, begitu juga hubungan dengan keluarga akan menjadi dingin, maka dari itu seringlah memberi tahukan penggunaan gadget yang bijak terhadap anak-anak Anda.

6.Ajaklah anak Anda bermain ke Alam dan Lingkungan sekitar

Biasakan Anda dan Anak untuk bermain dan berinteraksi dengan Alam, karena itu akan mendekatkan Anda dengan dunia nyata yang seharusnya mereka hadapi setiap hari, latihlah mereka untuk bisa berinteraksi dengan sesama dalam suatu kelompok masyarakat apakah itu kegiatan ekstrakurikuler ataupun hobby group, karena kebanyakan anak yang kecanduan gadget menjadi egois dan malas bergaul.

7.Ikutkanlah mereka program Softskill yang Komprehensif

Keterbatasan waktu dan pengetahuan orang tua akan cara mendidik, terkadang menjadi kendala utama dalam menghindarkan anak  agar tidak terkena kecanduan gadget dan menyiapkan anak  dalam sisi softskill dan emosional untuk mencapai cita-cita mereka di masa depan yang cerah, sebaiknya Anda berinvestasi kepada masa depan anak-anak Anda dengan mengikutkan mereka program utama selain sekolah yang berisi aktivitas dan terapi pikiran yang dapat menghindarkan anak Anda dari kecanduan cyber , meningkatkan kemampuan dasar untuk kehidupan dalam lingkungan rumah, sekolah dan pertemanan, menambah skill untuk berkomunikasi dengan efektif,  juga mengasah self leadership.

Demi meningkatkan kualitas anak Bangsa kami memberikan sebuah solusi berupa program utama, yaitu program komprehensif berisi aktivitas edukasi yang menyenangkan dan terapi mindset yang kami sebut Cyber Detox Camp.

Kesimpulan

Semua aspek perkembangan saling mempengaruhi, baik aspek fisik, emosi, inteligensi maupun sosial.

 Teknologi jelas memberi pengaruh terhadap perkembangan anak, baik itu secara fisik, kognitif, emosi, sosial, dan motorik.

Seringnya anak berinteraksi dengan ‘gadget’ dan juga Dunia Maya mempengaruhi daya pikir anak tehadap sesuatu diluar hal tersebut, Ia juga akan merasa asing dengan lingkungan sekitar karena kurangnya interaksi sosial.

Sedini mungkin orang tua berperan besar  dalam pengenalan teknologi secara umum sehingga kita bisa menyelamatkan kualitas generasi muda dimulai dari anggota keluarga.