15 Cara Membuat Anak Merasa Dicintai

15 Cara Membuat Anak Merasa Dicintai

Dapatkah Anda mengingat apa yang membuat Anda merasa dicintai sebagai anak-anak? Coba pikirkan.  Mungkin saat Anda bermain dengan orang tua Anda, atau mungkin saat Anda liburan dan jalan-jalan bersama orang tua Anda. Atau mungkin, sederhana saja, saat orang tua Anda menemani Anda untuk mengerjakan pekerjaan rumah dari sekolah. Sekarang, sebagai orang tua, apakah pernah Anda berusaha membuat anak-anak Anda merasa dicintai? Apakah Anda sudah melakukan yang benar sesuai yang diinginkan oleh anak-anak Anda ?

Berikut ini adalah 15 Cara Membuat Anak Merasa Dicintai :

  1. Matikan Smartphone Anda.

Cara Membuat Anak Merasa Dicintai sebenarnya sederhana. Ketika Anda tiba di rumah atau anak-anak Anda kembali dari sekolah, segera matikan telepon Anda dan beri mereka perhatian penuh setidaknya selama setengah jam pertama. Anak-anak Anda pasti menyukai hal ini karena mereka tahu Anda tidak akan terganggu oleh teks pesan saat mereka menceritakan apa yang terjadi di sekolah. Pemerintah Swedia pernah melakukan survei,  dan menemukan bahwa 33% anak-anak mengeluh bahwa orang tua mereka selalu menggunakan smartphone mereka di depan anak-anak, dan orang tua tidak punya waktu untuk bercengkrama dengan anak-anak. Cara membuat anak merasa dicintai ini sederhana saja, dan bisa Anda lakukan mulai dari sekarang.

  1. Matikan TV dan Semua Gadget pada Waktu Makan.

Pada  kenyataannya tidak mengasyikan bagi anak-anak Anda, jika mereka harus bersaing dengan acara TV maupun kesibukan chatting orang tua mereka dengan orang-orang di luar yang justru tidak hadir di meja makan Anda. Waktu makan adalah saat yang penting bagi keluarga Anda. Sebuah keberuntungan besar bagi anak-anak Anda apabila mereka dapat makan bersama dengan Anda di meja makan. Namun kebersamaan ini haruslah benar-benar nyata, mengobrol, bergurau, ataupun mungkin mendengar curahan hati anak-anak Anda. Keuntungan yang dapat Anda peroleh, anak Anda pasti akan makan dengan lebih lahap, nyaman dan mereka juga menikmati persahabatan dengan  orang tua mereka. Dan di dalam penelitian, orang tua yang menemani anak saat makan selain membuat anak-anak cenderung tidak memiliki kelainan makan di kemudian hari, ini juga merupakan cara membuat anak merasa dicintai yang efektif.

  1. Buatlah Waktu Tidur Menjadi Momen yang Berharga.

Bagi Anak-anak Anda yang masih kecil, mereka akan selalu mengingat saat-saat ketika Anda membacakan sebuah cerita sampai mereka tertidur. Membacakan cerita pada anak adalah sebuah pengalaman unik yang dapat menguatkan ikatan batin Anda dengan anak Anda. Cara membuat anak merasa dicintai dengan membacakan cerita memiliki bonus tambahan, yaitu membantu perkembangan otak anak Anda karena anak Anda terlatih untuk berimajinasi sebelum tidur, sehingga pikiran bawah sadarnya berkembang.

  1. Tunjukkan Kasih Sayang Fisik

Cara membuat anak merasa dicintai selanjutnya adalah dengan sentuhan kasih sayang fisik. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang sering disentuh secara fisik dapat berkembang dengan hangat dan penuh kasih sayang. Pegangan tangan Anda, pelukan ataupun ciuman kasih sayang dapat membuat Anak Anda merasa dicintai dan memiliki harga diri yang lebih tinggi. Tidak perlu berlebihan, minimal sehari sekali saja akan banyak membantu Anda berdua. Kasih sayang yang anda tunjukan secara fisik ini akan  mengurangi kemungkinan anak-anak Anda menjadi agresif, anti-sosial dan memiliki masalah perilaku lainnya.

Apabila anak Anda sudah beranjak remaja, mungkin merasa malu dengan kasih sayang fisik, Anda dapat menggantikannya dengan kata-kata dukungan dan empati. Dukungan dari orang tua baik secara fisik ataupun verbal sangat berarti bagi anak Anda.

  1. Luangkan Waktu yang Berkualitas Bersama Setiap Anak Anda

Sangat menyenangkan bila orang tua atau kedua orang tua dapat menghabiskan waktu berkualitas dengan dengan anak-anak mereka. Apabila Anda memiliki anak lebih daripada satu, cara membuat anak merasa dicintai secara personal terkadang memang diperlukan waktu yang berkualitas dengan satu per satu anak Anda.  Sediakanlah waktu khusus Anda khusus untuk masing-masing anak Anda. Ini sangat bagus bagi mereka karena pada waktu ini, mereka akan merasa diistimewakan dan saudara saudari mereka tidak ada.

Kegiatan yang Anda lakukan bersama dengan anak Anda bisa apa saja, dari bermain, olahraga, memasak, atau mengerjakan tugas bersama. Tidak ada cara yang lebih baik untuk menunjukkan pada anak-anak Anda bahwa Anda benar-benar mencintai dan menghargai mereka.

  1. Buat Mereka Disiplin  dengan Cinta dan Kasih Sayang

Masih ada beberapa orang tua yang percaya bahwa pemukulan anak menjadi cara yang paling efektif dan menghemat waktu dalam menangani hal kedisiplinan. Jangan salah, justru dengan melakukan kekerasan tersebut, anak Andaakan berpikir bawha kekerasan adalah cara yang efektif untuk mengatasi perselisihan dan konflik. Hati-hatilah, kunci membuat anak Anda disiplin bukan terletak pada kekerasan melainkan dengan cara menghidupkan kasih sayang saat mereka melakukannya tugasnya dengan baik dan menyangkalnya saat mereka berperilaku tidak tepat. Cara membuat anak merasa dicintai tidak memiliki kondisi persyaratan, tetapi yang ada hanyalah aliran kasih sayang saja sehingga anak-anak Anda merasa bahwa cinta orang tua mereka benar-benar tanpa syarat.

  1. Tinggalkan Catatan Pesan yang Penuh Sayang dan Lucu

Salah satu cara membuat anak merasa dicintai adalah perhatian dalm sebuah kejutan yang unik. Sempatkan diri Anda untuk memberikan kejutan yang unik pada anak Anda. Sederhana saja, sebelum Anda pergi bekerja atau saat anak Anda tidur, Anda dapat  meninggalkan sebuah pesan yang ditulis pada secarik kertas. Pesan itu bisa Anda isi dengan catatan kecil berisi gambar yang lucu, kata-kata sayang yang indah ataupun motivasi pada hari ini.  Selipkan catatan ini di bawah bantal mereka, atau di bawah pintu kamar mereka yang mudah mereka temukan saat bangun di pagi hari. Ketika mereka terbangun pastinya mereka akan terkejut dan bahagia melihat catatan Anda. Tentu saja ini cara yang efektih untuk membuat anak Anda meras dicintai.

  1. Lihatlah Mata Mereka Saat Anda Berbicara

Cara untuk menunjukan bahwa Anda mencintai anak Anda adalah dengan memberikan perhatian. Menatap mata mereka saat Anda berbicara adalah cara untuk membuat anak Anda merasa dicintai. Ini adalah komunikasi yang terbaik. Dengan kontak mata, berarti kita mau memberikan perhatian pada lawan bicara kita. Kontak mata sangat penting di zaman ini saat semua orang terpaku pada perangkat smartphone dan kehilangan peduli pada orang lain. didiklah anak Anda untuk melakukan kontak mata pada orang yang dia ajak bicara. Apabila orang tersebut masih sibuk, ajarlah untuk menunggu sampai dia mendapat perhatian penuh dari orang yang akan diajak bicara.

Sebagai orang tua kewajiban Anda untuk mengajarkan hal ini pada anak Anda karena tindakan merupakan pelajaran bagus untuk mengajari anak bahwa kontak mata adalah keterampilan sosial dalam sebuah komunikasi.

  1. Lebih Sering Tersenyum

Tidak ada cara yang lebih baik untuk menunjukkan cinta dan kehangatan Anda pada anak-anak Anda selain tersenyum. Tersenyumlah pada mereka setiap kali mereka masuk ke dalam rumah, ataupun saat Anda pulang dari kantor. Senyuman Anda merupakan cara membuat anak merasa dicintai. Mereka akan segera merasa nyaman. Dan yang terpenting sebuah senyuman menegaskan bahwa kehadiran mereka dihargai.

Mungkin ada saatnya ketika anak Anda melakuan kesalahan, memang mereka perlu diingatkan tentang perilaku buruk yang mereka lakukan supaya perilaku buruk tersebut tidak terulang lagi.  Setelah anda menegur dan memperbaiki kesalahan mereka, buatlah suasana menjadi normal kembali. Senyuman dapat Anda berika lagi pada anak-anak Anda. Tidak ada salahnya dari sekian banyak tindakan Anda, 90 % tindakan Anda pada anak Anda menunjukan bahwa Anda mencintai mereka.

  1. Jadilah Teladan yang Hebat

Sudah berapa kali Anda memberi tahu anak-anak Anda apa yang harus dilakukan, bagaimana harus bersikap sopan di lingkungan dan bagaimana harus selalu disiplin terhadap segala hal? Apakah anak Anda menuruti Anda, atau sebaliknya justru semakin banyak melakukan hal-hal yang berlawanan dengan yang Anda katakan. Ada sebagian orang tua yang merasa susah sekali mengatur anaknya sendiri. Namun pernahkah Anda bertanya pada diri sendiri, apakah Anda sudah memberikan contoh yang baik sebagai orang tua ? Jangan-jangan justru Anda juga melakukan hal kebalikan dari ucapan Anda sendiri. Ini yang berbahaya.

Seringkali orang tua lupa bahwa mereka adalah contoh, model peran yang sempurna untuk anak-anak. Anak-anak Anda adalah peniru yang hebat. Apa yang dilakukan orang tua mereka pasti akan diikuti oleh anaknya. Perilaku baik ataupun perilaku buruk dari orang tua akan tetap diikuti oleh anakanya sendiri. Berbahanya, tidak jarang orang tua justru menunjukan tindakan yang buruk dan berlawanan daripada yang mereka katakan sendiri, dan ini menjadi contoh bagian setiap anaknya.

Anak Anda adalah seorang peniru yang hebat. Tidak ada cara yang lebih baik untuk mengajarkan anak Anda selain menunjukkannya secara langsung melalui tindakan-tindakan Anda. Selalu bersikap baik, penuh kasih sayang dan perhatian pada orang lain adalah teladan yang perlu Anda berikan pada anak Anda. Dan memberikan kasih sayang yang tanpa syarat pada anak Anda adalah cara untuk membuat anak Anda merasa dicintai.

  1. Libatkan Mereka dalam Pengambilan Keputusan

Keputusan rumah tangga merupakan tanggung jawab orang tua. Namun cara membuat anak merasa diccintai adalah dengan melibatkan anak Anda untuk mengambil keputusan. Keputusan yang didiskusikan dengan anak Anda bukan ke arah keputusan yang besar, namun lebih ke arah keputusan bersama yang disepakati bersama. Contohnya,  Anda dapat melibatkan anak Anda untuk menyiapkan barang apa yang perlu dibawa ke sekolah keesokan harinya. Atau mungkin anda bisa mendiskusikan tempat wisata yang mau Anda kunjungi bersama keluarga saat anda liburan. Pastikan anak-anak Anda terlibat, ikut berpikir dan ikut serta dalam pengambilan keputusan. Hal ini bagus bagi anak-anak untuk mulai belajar bagaimana cara berdiskusi dan membuat keputusan bersama yang baik dengan bimbingan orang tua mereka.

  1. Bermain Bersama Mereka

Ketika anak-anak ditanya, apa yang sebenarnya kamu inginkan dari kedua orang tuamu ? Sebagian besar dari mereka mengatakan bahwa mereka menginginkan adanya waktu untuk bermasin bersama kedua orang tua mereka, bukannya diberi jadwal yang begitu banyak dan berat. Memang seperti itulah anak-anak, pendidikan mereka sebenarnya banyak didapat dari permainan. Pertanyaannya apakah orang tua mempunyai waktu untuk  menemani mereka bermain ?  Anak-anak sebenarnya menginginkan waktu santai bersama orang tua, di mana mereka bisa bermain, bersenang-senang, dan tertawa bersama. Mungkin ide yang sangat bagus bagi Anda dan anak Anda untuk memotong satu atau dua kesibukan mereka sehingga Anda tidak berakhir hanya menjadi supir mereka dan anda dapat mulai bermain bersama mereka.

  1. Segera Lakukan Sesuatu saat Anak Anda Merasa Tidak Bahagia

Mungkin anak Anda terkadang ada masalah di sekolah.  Atau mungkin dia terintimidasi dengan temannya atau dengan gurunya. Saat anak Anda merasa tidak bahagia, cara untuk membuat anak merasa dicintai, yaitu tetap tunjukkan bahwa Anda peduli padanya. Anda mau selalu mendukung anak Anda. Cobalah untuk meminta mereka bercerita tentang keluh kesah mereka beserta orang-orang yang terlibat di dalamnya. Apa yang membuat anak Anda tidak bahagia.

Anda dapat mencoba untuk mencari tahu apa penyebab ketegangan dan kegelisahan tersebut. Bisa saja masalah ini karena salah anak Anda, akan tetapi bila anak Anda tidak bersalah, ini merupakan kesempatan bagus untuk menunjukkan bahwa Anda berada di sana untuk mereka. Anda akan selalu menjadi pendukung mereka.

  1. Simpanlah Foto-foto  dan Hadiah dari Anak Anda

Saat anak Anda memberi Anda sebuah hadiah, gambar lucu atau puisi kecil hasil karya mereka, tunjukkan bahwa Anda sangat senang dan  menghargai hasil karya mereka. Cara membuat anak Anda merasa dicintai dengan cara menyimpan atau memajang hasil karya anak Anda di tempat yang terlihat sehingga anak Anda tahu kalo hasil karyanya begitu dihargai. Tunjukkan foto-foto kepada anak Anda di mana Anda menyimpan foto favorit bersama dia di dalam kantor Anda. Anda juga dapat mengambil foto dari karya seni anak Anda dan dan menyimpannya di berbagai situs foto. Setelah Anda simpan dan pajang, tunjukkan pada anak Anda hasil simpanan secara berkala. Hal ini sangat bagus bagi Anak Anda karena memberikan motivasi pada mereka untuk selalu berprestasi dengan baik.

  1. Jangan Pernah Memotong Cerita Mereka.

Ketika seorang anak memiliki sebuah cerita untuk diceritakan pada orang tuanya, anak tersebut pasti akan semangat dalam bercerita. Apapun cerita mereka, mungkin tentang apa yang terjadi di sekolah, bagi Anda sebagai orang tua, jangan pernah mengganggu cerita mereka. Yang perlu Anda perbuat hanyalah dengarkan mereka. Biarkan mereka berbicara dengan semangat,dan Anda balas dengan respon mendengarkan dan menatap mata mereka. biarlah mereka menyelesaikan ceritanya, jangan dulu memotongnya. Cara ini adalah cara untuk anak merasa dicintai yang efektif. Hal yang sama juga Anda lakukan saat mereka ingin memberikan buku pada Anda atau hanya sekedar  menunjukkan sebuah cerita bergambar yang mereka buat.

Anda ingin dihargai sebagai orang tua, begitu juga seorang anak ingin diperhatikan sebagai anak. Mereka akan merasa dicintai dan diperhatikan jika orang tua mereka mau mendengarkan. Berhati-hatilah, jika orang tua sering mengabaika anak karena terlalu sibuk, anak-anak akan menjadi orang pertama yang menderita. Dan kemungkinan besar yang terajdi, penderitaan tersebut akan bertahan hingga masa remaja dan dewasa.

Cinta dan kasih sayang adalah fondasi dari sebuah kebahagiaan. Dengan menunjukkan kepada anak-anak kasih sayang ini setiap hari, kita memberikan mereka karunia terbesar dari segala apapun yang ada di dalam hidup mereka. Tips diatas adalah cara untuk membuat anak merasa dicintai, silakan lakukanlah di rumah Anda, dan rasakan hasilnya, rasa sayang anak pada diri Anda sendiri.

Blog

Leave a Reply